Resmi Menjabat Kapolri, Idham Aziz Dapat Bintang 4 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Resmi Menjabat Kapolri, Idham Aziz Dapat Bintang 4


NASIONAL

Resmi Menjabat Kapolri, Idham Aziz Dapat Bintang 4


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si. sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11) pukul 09.30 WIB.

Pengangkatan Idham Aziz sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Tito Karnavian itu sesuai keputusan Presiden RI Nomor 97/Polri Tahun 2019 tentang pengangkatan Kapolri yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto.

Usai mengambil sumpah jabatan Kapolri dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengangkatan Sumpah Jabatan disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tri Brata,” ucap Presiden saat mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti Idham Aziz.

Dalam acara pelantikan itu, Idham Aziz juga memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari yang sebelumnya menjadi Jenderal Polisi. Kenaikan pangkat tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 98/Polri Tahun 2019 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi Polri.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini dalam keterangan tertulis yang diterima media ini siang tadi menyebutkan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat baru Kapolri Idham Aziz dilakukan Presiden Jokowi disaksikan para tamu undangan yang hadir.

Sebelumnya, Polri dipimpin Jenderal Pol. Tito Karnavian. Saat menyusun Kabinet Indonesia Maju, Jokowi mengangkat Tito sebagai Mendagri. Jabatan Kapolri pun lowong dan dijalankan pelaksana tugas. Jokowi lalu mengusulkan calon tunggal Kapolri ke DPR RI untuk mendapat persetujuan, yakni Idham Aziz yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri. Calon tunggal Kapolri ini lalu di fit and proper test oleh Komisi III DPR RI sehari setelah pimpinan Komisi Hukum ini terbentuk dengan Ketua, Herman Hery pada Selasa (29/10).

Rabu (30/10), Komisi III secara marathon melalukan kunjungan ke kediaman Idham Aziz dan siang harinya langsung melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri. Tanpa ada hambatan berarti, petang harinya kelompok kerja komisi di Komisi III DPR RI bulat alias aklamasi menyetujui Idham Aziz sebagai Kapolri. Herman Hery yang memegang palu langsung mengetuk mengesahkan mantan Kapolda Metro Jaya ini sebagai Kapolri. Komisi III langsung membawa hasil ini ke pimpinan DPR, dan pada Kamis (31/10), DPR RI mengesahkan pengajuan Idham Aziz menjadi Kapolri dalam rapat paripurna Masa Sidang I Tahun 2019-2020 yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Idham pun resmi menjabat Kapolri menggantikan Tito dalam seremoni pelantikan oleh Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11) pagi tadi. (*/aln)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top