Sukses Gelar Turnamen Futsal, Ketua AFP NTT Tetapkan SMAN 5 Kupang Pelopor Pembinaan Futsal Sekolah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sukses Gelar Turnamen Futsal, Ketua AFP NTT Tetapkan SMAN 5 Kupang Pelopor Pembinaan Futsal Sekolah


JAWARA. Kepala SMAN 5 Kupang, Veronika Wawo (tengah) pose bersama para pemain SMAN 3 Kupang, jawara Turnamen Futsal Smanly usai menyerahkan hadiah di Lapangan Futsal SMAN 5 Kupang, Jumat (7/1) malam. (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

SPORT

Sukses Gelar Turnamen Futsal, Ketua AFP NTT Tetapkan SMAN 5 Kupang Pelopor Pembinaan Futsal Sekolah


Panitia akan Buka Smanly Cup I

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Panitia Turnamen Futsal SMAN 5 Kupang sukses menyelenggarakan Smanly Cup Tahun 2020 dengan baik, dan akan menetapkan turnamen tersebut sebagai turnamen tahunan.

Turnamen yang berlangsung di lapangan utama Sekolah tersebut direncanakan tidak hanya untuk kategori SMA namun digelar juga untuk kategori SMP.

“Kita akan mengundang semua sekolah SMP dan SMA di Kota Kupang dan kabupaten lain di NTT untuk partisipasi dalam even yang sedianya dilaksanakan pada awal bulan Juli mendatang,” ujar Kepala SMAN 5 Kupang, Veronika Wawo.

Dikatakan even tahunan ini dibantuk dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun sekolah setiap tanggal 17 Juli serta meningkatkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahranga.

Veronika Wawo, dalam sambutan penutupan mengaku bahwa kegiatan tersebut digelar secara spontanitas dari panitia. Atas saran dan kerjasama serta dukungan dari dewan guru serta Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTT maka terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kita tidak merencanakan sebelumnya namun setelah menyelesaikan pekerjaan lapangan multi fungsi ini panitia menginisiasi untuk gelar turnamen ini karena tidak ada manfaatnya apa bila tidak ada turnamen,” ujarnya.

Atas keberhasilan penyelenggaraan turnamen itu, disimpulkan bahwa akan dilanjutkan pada Smanly Cap I yang sedianya dilangsungkan bertepatan dengan HUT sekolah pada Juli 2020 nanti.

“Kita sudah pengalaman dan kerjsasama dengan asosiasi maka kita sudah sepakat akan dilangsungkan awal juli dan puncaknya pada tanggal 17 juli 2020,” ujarnya.

Ketua AFP NTT, Jimmi Sianto menyerahkan trofi untuk top score. (FOTO: Intho Herison Tihu/TIMEX)

Selain menyongsong HUT, Turnamen Futsal Smanly Cup I bertujuan agar generasi muda yang gemar futsal bisa meningkatkan bakat dan minat mereka. “Kategorinya gidak hanya untuk SMA namun juga untuk tingkat SMP di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang,” tegasnya.

Melalui pertandingan tersebut diharapkan dapat meningkatkan persahabatan, kekeluargaan, membina sportifitas antar generasi muda. “Mari kita membangun generasi muda dengan cara-cara yang positif. Bagi yang belum beruntung jangan kecil hati dan terus berjuang. Menjadikan kegagalan ini sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri dan kembali berjuang pada even berikutnya,” tambahnya.

Sementara Ketua AFP NTT, Jimmy WB Sianto dalam kesempatan itu meminta kepada pihak sekolah agar even ini tidak hanya digelar sekali namun terus digelar rutin setiap tahun.

“Kita akan berkoordinasi agar dari AFP NTT memberikan pelatihan kepada guru olahraga di sekolah sehingga nanti guru disekolahlah yang akan melatih siswa untuk siap mengikuti pertandingan seperti ini,” ujarnya.

Mantan anggota DPRD NTT dua periode ini mengatakan, olahraga futsal di NTT sudah seharusnya dikembangkan mulai dari sekolah-sekolah karena turnamen nasional, ke depan pemain harus usia sekolah maka AFP harus bermitra dengan sekolah.

Pada kesempatan itu, mewakili pengurus AFP NTT, Jimmy menetapkan SMAN 5 Kupang sebagai sekolah pelopor pembinaan futsal di sekolah se-NTT.  “Menyikapi rencana turnamen HUT sekolah, AFP NTT mendukung penuh kegiatan tersebut. Tidak hanya Smanly namun juga sekolah lainnya. Sehingga dapat membinan atitude dari siswa,” katanya.

“Anak tidak hanya berprestasi pada bidang akademiknya tapi juga pada bidang olahraga,” pungkasnya. (mg29)

Berita lainnya SPORT

To Top