Pilih Jalur Independen, Talan-Akoit Input Syarat Dukungan di Aplikasi Silon KPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilih Jalur Independen, Talan-Akoit Input Syarat Dukungan di Aplikasi Silon KPU


POLITIK

Pilih Jalur Independen, Talan-Akoit Input Syarat Dukungan di Aplikasi Silon KPU


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati TTU yang memilih jalur independen, Agustinus Talan-Yosep Akoit terus bekerja maksimal mengumpulkan syarat dukungan sebagai calon perseorangan dalam Pilkada TTU 2020.

Keseriusan Mantan Ketua DPRD TTU dan Kepala Kantor Kementerian Agama Daerah setempat tersebut ditunjukan dengan dimulainya proses penginputan syarat dukungan (KTP) kedalam aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bakal Calon Bupati TTU, Agustinus Talan kepada Timor Express, di Kefamenanu, Kamis (13/2) menuturkan, pihaknya bersama tim terus bekerja maksimal untuk untuk mengumpulkan syarat dukungan sebagai calon perseorangan dalam Pilkada ini.

Dikatakan, saat ini tim sementara menginput Syarat dukungan ke aplikasi Silon milik KPU guna diteliti dan nantinya akan dilakukan verifikasi di lapangan oleh tim KPU.

“Kami bersama tim sudah bekerja maksimal sehingga saya optimis tetap maju bertarung dalam Pilkada TTU melalui jalur independen atau jalur perseorangan,” ungkap Agustinus.

Agustinus menjelaskan, persiapan syarat dukungan untuk maju dalam pilkada TTU sudah mencapai 90 persen. Hal itu karena sebagian syarat dukungan sudah mulai diinput di dalam aplikasi Silon KPU.

Agustinus menyebutkan, syarat dukungan yang diinput ke aplikasi Silon KPU tersebut sebanyak 21 ribu lebih. Syarat dukungan yang diinput itu pun sudah melebihi target yang ditetapkan dalam PKPU.

“Persiapan saya, khusus untuk syarat dukungan sudah 90 persen. Karena syarat dukungan rencana yang akan diinput ke Silon 21 ribu lebih dari minimal syarat dukungan yang ditentukan KPUD sekitar 16.805. Kalau yang sudah diinput itu, ada tiga kecamatan dengan jumlah sekitar 4000 lebih syarat dukungan,” jelasnya.

Mantan Ketua DPRD TTU itu menambahkan, pihaknya bersama tim berencana akan mendaftar ke KPU pada 22 Februari 2020 ini.

Selama proses pengumpulan syarat dukungan, lanjut Agustinus, dirinya bersama tim tidak pernah mengalami kendala berarti. Kendalanya yang sering dihadapi hanya pada saat timnya datang untuk mengambil KTP, namun pemilik tidak berada di rumah.

“Selama proses kumpul KTP tidak ada satu warga pun yang meminta uang kepada tim yang bekerja di lapangan. saya bersama tim tidak pernah pantang menyerah untuk mengumpulkan semua syarat dukungan dari masyarakat sampai dengan proses penginputan di aplikasi Silon KPU,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka ketika dikonfirmasi Timor Express, Rabu (12/2) membenarkan bahwa Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU dari jalur Independen yakni Agustinus Talan dan Yosep Akoit sudah mulai menginput syarat dukungan dari tiga kecamatan ke aplikasi Silon KPU.

Dikatakan, ketika seluruh syarat dukungan tersebut sudah diinput, maka pihaknya akan dapat memantau hasil input tersebut meskipun nama-nama dari para pemilik KTP tersebut tidak dapat diketahui. Sesuai target, tim dari calon perseorangan itu akan mendatangi kantor KPU TTU untuk melakukan finalisasi dengan mengunci hasil input terhadap syarat dukungan tersebut pada tanggal 17 Februari 2020 mendatang.

“Benar mereka sudah input sekitar 4 ribuan syarat dukungan dari tiga kecamatan itu. Sesuai dengan hasil koordinasi terakhir itu, tanggal 22 Februari itu mereka akan datang untuk menyerahkan dokumen syarat dukungan. Karena waktu penyerahan sesuai dengan jadwal itu dari tanggal 19 sampai 23 Februari. Tapi mereka ambil tanggal 22 Februari,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top