Kasus Pengrusakan Rumah di Desa Oepuah Naik Status, Penyidik segera Tetapkan Tersangka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kasus Pengrusakan Rumah di Desa Oepuah Naik Status, Penyidik segera Tetapkan Tersangka


Kasat Reskrim Polres TTU, AKP. Tatang Prajitno Panjaitan. (FOTO: Petrus Usboko/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Kasus Pengrusakan Rumah di Desa Oepuah Naik Status, Penyidik segera Tetapkan Tersangka


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kasus pengrusakan rumah milik Yonatas Tahoni, Warga Dusun Naikefi, Desa Oepuah, Kecamatan Biboki Moenleu yang diduga dilakukan oknum anggota DPRD TTU, Brando Sonbiko bersama anak buahnya kini statusnya telah beralih dari penyelidikan (Lidik) ke penyidikan (Sidik).

Kenaikan status kasus tersebut dilakukan saat penyidik melakukan gelar perkara bersama para pihak beberapa waktu lalu. Untuk itu, dengan berubahnya status kasus tersebut dipastikan dalam waktu dekat sudah akan diketahui siapa yang bakal ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas kepada Timor Express melalui Kasat Reskrim, AKP Tatang Prajitno Panjaitan, di Kefamenanu, Kamis (13/2) menuturkan, dari hasil gelar perkara yang dilakukan para pihak bersama penyidik, memungkinkan kasus tersebut dinaikan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan.

“Kita sudah gelar perkara tersebut bersama penyidik dan para pihak. Status dari kasus itu sudah dinaikan dari penyelidikan menjadi penyidikan,” tutur Tatang.

Tatang menambahkan, penyidik saat ini tengah berusaha mengumpulkan sejumlah alat bukti dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, korban dan terlapor guna penetapan tersangka dalam kasus tersebut.

Menurut Tatang, kasus tersebut berpeluang untuk menetapkan tersangka lebih dari satu orang. Pasalnya, pelaku pengrusakan lebih dari satu orang yang didukung oleh keterangan para saksi.

BACA JUGA: Oknum Anggota DPRD TTU Mengaku Ada di TKP Kasus Perusakan Rumah di Oepuah

“Penyidik sementara kumpul alat bukti, sehingga dalam waktu dekat segera ditetapkan tersangka dalam kasus tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Tatang Prajitno Panjaitan kepada Timor Express, Kamis (9/1) menuturkan, pihaknya terus bekerja maksimal untuk mengungkap kasus dugaan pengrusakan rumah warga oleh sekelompok oknum yang terjadi di Desa Oepuah, Kecamatan Biboki Moenleu beberapa waktu lalu.

Dikatakan, penyidik Satreskrim Polres TTU telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi sebanyak 13 orang baik itu saksi dari pihak korban, terduga pelaku dan juga oknum anggota DPRD TTU yang diduga memiliki keterlibatan dalam peristiwa itu.

“Penyidik sementara rampungkan hasil pemeriksaan para saksi, korban dan terduga pelaku. Penyidik sudah periksa sebanyak 13 orang saksi,” tutur Tatang.

Tatang menambahkan, oknum anggota DPRD TTU, Brando Sonbiko pun telah memenuhi panggilan penyidik dan sudah memberikan keterangan. Sesuai hasil keterangan dari Brando, Ia mengakui berada di tempat kejadian perkara (TKP) namun tidak mengetahui proses terjadinya pengrusakan rumah milik Yonatas Tahoni.

Menurut Tatang, dari keterangan beberapa saksi termasuk oknum anggota DPRD TTU itu sudah mengarah kepada siapa pelaku pengrusakan rumah dan siapa dalang di balik peristiwa tersebut. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top