Gelar Workshop dan Simposium, Dokter NTT Berbagi Pengalaman Libatkan Timor Leste | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Gelar Workshop dan Simposium, Dokter NTT Berbagi Pengalaman Libatkan Timor Leste


WORKSHOP. Para dokter spesialis dan dokter umum dari berbagai daerah di NTT saat mengikuti kegiatan Workshop yang digelar PAPDI Cabang Kupang, bertempat di Hotel Aston, Sabtu (22/2). (FOTO: Johni Siki/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Gelar Workshop dan Simposium, Dokter NTT Berbagi Pengalaman Libatkan Timor Leste


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Kupang, mengadakan kegiatan workshop, simposium dan pelantikan pengurus PAPPDI Cabang Kupang periode 2018-2021. Hadir pula dokter spesialis luar NTT bahkan dari negara Timor Leste.

Ketua Panitia, dr. Adjunias Maifa, Sp.PD,FINASIM saat di wawancara usai pembukaan kegiatan di Hotel Aston Kupang, Sabtu (22/2), mengatakan kegiatan Continuing Education and Annual Meeting Of Internal Medicine (Cendana) NTT 1, diramu dalam tiga agenda. Yakni workshop, simposium dan pelantikan pengurus PAPDI Cabang Kupang. Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai Sabtu (22/2) hingga Senin (24/2).

Dikatakan, kegiatan Cendana NTT 1 merupakan agenda rutin tahunan PAPDI Cabang Kupang yang baru diselenggarakan perdana. Kegiatan ini melibatkan para dokter spesialis dan dokter umum dari seluruh kabupaten/kota di NTT. Untuk hari pertama workshop dokter spesialis diikuti 41 orang sedangkan dokter umum berjumlah 100 orang. Sedangkan untuk kegiatan hari kedua simposium peserta yang hadir lebih dari 200 orang.

“Ini tahun pertama kita selenggarakan kegiatan Cendana NTT 1. Pesertanya lebih banyak dari kegiatan-kegiatan sebelumnya,” tandasnya.

Andjunias menyebutkan, untuk memudahkan kegiatan, workshop dibagi dalam dua kelas. Kelas untuk dokter umum materinya terkait demam berdarah, gagal ginjal, dan litigasi cuci darah. Sedangkan dokter spesialis workshop tentang kencing manis dan obat obatan.

Foto bersama dokter-dokter yang tergabung dalam PAPDI Cabang Kupang di Hotel Aston, Sabtu (22/2). (FOTO: Johni Siki/TIMEX)

Ia mengatakan tujuan sejumlah kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman ilmu kedokteran bagi dokter umum dan spesialis. Sejumlah nara sumber handal diundang dari NTT, Bali, Jakarta, Manado bahkan Timor Leste.

Ia menambahkan, kegiatan ilmiah workshop dan simposium menghadirkan para dokter dari berbagai pelosok NTT. Selama ini masing-masing bertugas dilokasi yang berbeda yang tentunya memiliki pengalaman bervariasi di lapangan. Sehingga perlu ada kolaborasi untuk saling berbagi pengalaman dan memperoleh ilmu baru sebab tidak cukup mengandalkan pengalaman ilmu kuliah.

Sementara Ketua PAPDI Cabang Kupang, dr. Heri Sutrisno, Sp.PD-KHOM,FINASIM mengatakan,kegiatan Cendana 1 sebagai sarana pertemuan para dokter yang dilakukan setahun sekali. Selain para dokter di NTT ada pula dokter hebat dari luar NTT bahkan Timor Leste, juga ikut hadir untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman. Kegiatan penguatan kapasitas para dokter tentu memberikan suasana baru dalam meningkatkan kualitas pelayanan medis.

Dikatakan, pengalaman pelayanan seperti negara Timor Leste, menurut WHO mereka sudah masuk kategori negara bebas Malaria. Padahal satu daratan namun di NTT untuk Kota Kupang saja belum sampai kategori bebas Malaria. Sehingga pengalaman seperti di Timor Leste perlu di-share untuk para dokter di NTT.

“Kita akan berbagi ilmu dan pengalaman. Kita lakukan pelayanan saja tidak cukup harus ada penguatan kapasitas. Kita perlu tahu bagaimama pelayanan kesehatan terutama Malaria di Timor Leste,” tutupnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top