Persiapan Pilkada 9 Kabupaten di NTT, KPU Rekrut PPK, Bawaslu Awasi Ketat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Persiapan Pilkada 9 Kabupaten di NTT, KPU Rekrut PPK, Bawaslu Awasi Ketat


Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna. (FOTO: Istimewa)

POLITIK

Persiapan Pilkada 9 Kabupaten di NTT, KPU Rekrut PPK, Bawaslu Awasi Ketat


KUPANG,  TIMEXKUPANG.com-Sembilan kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT), tahun ini akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Hingga kini, tahapan yang dilakukan penyelenggara sudah sampai pada tahap perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Yosafat Koli, saat dikonfirmasi Senin (10/2) mengatakan, KPU di sembilan kabupaten sedang memproses perekrutan calon PPK. Setelah pembentukan PPK diikuti pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Yosafat mengatakan, sesuai edaran KPU RI, panitia ad hoc yakni PPK dan PPS sudah harus dibentuk dalam bulan ini. Semua tahapan pelaksanaan sudah diatur jadwalnya sehinga diimbau kepada semua Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada agar tidak boleh keluar dari tahapan program dan jadwal yang sudah diatur.

KPU NTT berharap semua tahapan berjalan lancar demi menyukseskan proses pemungutan suara secara serentakpada 23 September 2020 mendatang.

“Sekarang tahapan pembentukan panitia ad hoc. KPU Kabupaten sedang merekrut PPK, tahapan wawancara juga sudah selesai. Tanggal 15 – 17 Februari pengumuman untuk pendaftaran calon PPS,” tandasnya.

Sementara Juru Bicara Bawaslu NTT, Jemris Foentuna, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Senin (10/2) mengatakan, sejauh ini proses perekrutan panitia ad hoc tidak bermasalah.

“Belum ada temuan, laporan atau pengaduan dari masyarakat terkait proses perekrutan itu,” katanya.

Meski begitu Jemris berharap selain Bawaslu perlu ada pengawasan partisipatif dari semua kalangan. Masyarakat perlu mengawal semua tahapan pembentukan panitia ad hoc, sehingga proses perekrutan benar-benar menghasilkan penyelenggara yang berkualitas, jujur dan berintegritas.

Bukan hanya itu, anggota Bawaslu NTT dua periode ini juga meminta kalangan masyarakat untuk ikut mengawasi proses seleksi panitia ad hoc di internal Bawaslu yang sementara berproses. Saat ini Panwaslu Kacamatan sedang melakukan persiapan perekrutan Panwaslu Desa/Kelurahan. Sesuai jadwal berlangsung mulai tangal 10 – 27 Februari. Tahapan pengumuman pendaftaran, pendaftaran, penelitian administrasi, tes tulis, wanwacara hingga pengumuman hasil.

Dikatakan, proses perekrutan Panwaslu Desa/Kelurahan sudah rampung. Target pertengahan Maret sudah selesai pelantikan sehingga Pengawas Desa/Kelurahan, bisa ikut mengawasi verifikasi faktual calon perseorangan. Meski begitu, Panwascam, diharapkan agar dalam melakukan perekrutan Pengawas Desa/Kelurahan, tetap mengacu sesuai juknis.

“Kita imbau sehingga ikut syarat normatif yang berlaku, tidak boleh keluar dari aturan. Sehingga kita bisa hasilkan penyelenggara yang memiliki integritas yang baik dan kerja penuh, waktu,” tegasnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top