Pilih Jalur Independen, Agus Talan-Yosep Akoit Daftar ke KPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilih Jalur Independen, Agus Talan-Yosep Akoit Daftar ke KPU


MENDAFTAR. Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU, Agus Talan dan Yosep Akoit saat mendaftar di KPU TTU sebagai calon peserta Pilkada TTU melalui jalur independen, Sabtu (22/2). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Pilih Jalur Independen, Agus Talan-Yosep Akoit Daftar ke KPU


Serahkan Syarat Dukungan Sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Agus Talan dan Yosep Akoit mendatangi kantor KPU TTU, Sabtu (22/2) siang. Kedatangan pasangan calon yang didampingi ribuan pendukung dan simpatisan ini untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati TTU dari jalur perseorangan atau jalur independen.

Agus dan Yosep mendatangi KPU TTU guna menyerahkan syarat dukungan untuk dilakukan verifikasi kelengkapan administrasi sebagai syarat calon perseorangan melalui jalur non partai politik tersebut.

Pantauan langsung Timor Express, Sabtu (22/2), pasangan Agus Talan dan Yosep Akoit dengan tagline AYO tersebut mendatangi kantor KPU dengan diarak masyarakat menggunakan sepeda motor bahkan mobil dan dikawal ketat aparat Polres TTU.

Saat tiba di kantor KPU TTU, Agus Talan dan Yosep Akoit bersama tim dan pendukung disambut Ketua KPU, Paulinus Lape Feka bersama komisioner lainnya dan juga Kepala Sekretariat dan staf yang disaksikan langsung oleh Bawaslu TTU.

Sebelum menyerahkan berkas, para tua adat dari Biboki, Insana dan Miomaffo menyampaikan maksud dan tujuan paket AYO melalui bahasa adat yang dilanjutkan dengan penyerahan sirih pinang, sebotol sopi dan seekor ayam jantan berwarna putih yang diterima Ketua KPU TTU.

Agus Talan kepada Timor Express, Sabtu (22/2) usai menyerahkan berkasnya menuturkan, pihaknya memanfaatkan ruang yang diatur dalam undang-undang untuk ikut terlibat dalam Pilkada TTU tanpa melalui jalur partai politik, dan memilih melalui jalur perseorangan atau independen.

“Karena ada ruang yang dimungkinkan oleh aturan untuk menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati tanpa melalui jalur partai politik, maka saya bersama dengan calon Wakil Bupati, Yosef Akoit memilih untuk maju dalam konstelasi Pilkada TTU melalui jalur perseorangan,” ungkap Agus Talan.

Agus menambahkan, syarat dukungan minimal yang ditentukan KPU sebanyak 16.805 dukungan, namun dalam perjalanan waktu paket AYO bersama tim dapat mengumpulkan sebanyak 21.231 syarat dukungan sesuai dengan yang diinput di aplikasi Silon KPU.

Agus menjelaskan, waktu yang dibutuhkan oleh dirinya bersama tim untuk mengumpulkan syarat dukungan itu selama tiga bulan sesuai dengan ketentuan peraturan yang diatur dalam PKPU. Waktu yang singkat itu pun dimaksimal oleh tim sehingga hasilnya melebihi target yang telah ditetapkan KPU.

“Ternyata masyarakat memberikan dukungan mereka lewat pemberian KTP, semuanya kami input dalam Silon KPU 21.231 KTP. Makanya hari ini kami datang menyerahkan ke KPU sebagai penyelenggara Pilkada,” terangnya.

Menurut Agus, dengan penyerahan syarat dukungan ke KPU TTU, maka hal itu menandakan bahwa paket AYO siap menjadi peserta Pilkada TTU tahun 2020 ini, dan siap berlaga dengan paket lainnya dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Karena itu, lanjut Agus, dukungan dan kepercayaan dari masyarakat TTU yang menyebar di 24 kecamatan ini menjadi sebuah beban yang harus dibayar dengan kemenangan sehingga tujuan bersama untuk perubahan di daerah ini dapat tercapai.

“Selama proses pengumpulan KTP ini saya bersama Pak Yosep Akoit juga turun langasung sehingga kita sudah mengetahui persoalan yang dialami masyarakat. Nantinya apabila terpilih tentu kita akan menyelesaikan persoalan-persoalan itu,” jelasnya.

Sementara, Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka ketika dikonfirmasi Timor Express mengatakan, pembukaan penerimaan syarat dukungan calon independen atau jalur non partai politik mulai dilaksanakan sejak 19 – 23 Februari 2020.

Dikatakan, dalam jangka waktu tersebut baru pada tanggal 22 Februari 2020, satu pasangan calon perseorangan yakni Agustinus Talan dan Yosef Akoit yang mendatangi kantor KPU untuk menyerahkan syarat dukungan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur independen.

Paulinus menjelaskan, setelah menerima syarat dukungan dari pasangan perseorangan, pihaknya akan melakukan verifikasi awal, sehingga belum dapat dipastikan apakan dokumen yang diserahkan tersebut dapat diterima atau dikembalikan.

“Dalam verifikasi awal, maka dokumen itu harus memenuhi beberapa syarat. Pertama soal jumlah minimum syarat dukungan perseorangan 16.805, kedua soal persebaran, apakah mencapai 50+1 jumlah kecamatan atau tidak. Kalau itu tercapai semua, maka dalam berita acara dinyatakan diterima, lalu kita lanjutkan pada verifkasi administrasi,” terangnya.

Paulinus mejelaskan, kegiatan verifikasi administrasi dilakukan untuk memastikan kelengkapan dokumen pendukung calon perseorangan.

Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi, terang Paulinus, maka akan dilanjutkan dengan verifkasi faktual yang menggunakan sistem sensus, yang direncanakan akan dilakukan pada akhir Maret 2020 mendatang.

“Seperti KTP, kita lihat kecocokan tanda tangan, kecocokan alamat di KTP dan pernyataan. Itu dilakukan dari tanggal 27 Februari – 25 Maret 2020,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top