April 2020, Pelayanan Samsat Pindah ke Jl. Polisi Militer | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

April 2020, Pelayanan Samsat Pindah ke Jl. Polisi Militer


Kasie STNK Direktorat Lantas Polda NTT, AKP Imannuel Zacharias. (FOTO: Stenly Boymau/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

April 2020, Pelayanan Samsat Pindah ke Jl. Polisi Militer


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Jika tak ada aral merintangi, pada April 2020 mendatang, seluruh pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Kupang akan pindah dari kompleks perkantoran di Jl. Basuki Rachmat, Kelurahan Naikolan ke Jl. Polisi Militer, kompleks gubernuran.

Kepala Seksi (Kasie) STNK Direktorat Lantas Polda NTT, AKP Imannuel Zacharias kepada TIMEXKUPANG.com di ruang kerjanya, Kamis (27/2) mengatakan, pihaknya bersama manajemen dari Pemprov, yakni OPD terkait sedang melakukan sejumlah persiapan demi kelancaran proses penindahan.

“Proses pindah ini tentu menyita banyak waktu dan tenaga sehingga harus dipersiapkan dengan baik. Apalagi ini terkait jaringan dan aset tak bergerak lainnya,” ungkap mantan Kasat Lantas Polres Sumba Barat itu.

Menurut Imanuel, sebenarnya proses pindah ini sudah bisa dilakukan namun ada beberapa fasilitas penunjang yang belum ada sehingga pihaknya masih menunggu hingga semuanya beres.

Imanuel menambahkan, proses pindah sebelumnya juga terkendala padabelum dibangunnya gedung arsip dan gedung tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

“Tak hanya itu melainkan satu gedung lain yang juga sangat penting yakni gedung untuk cek fisik kendaraan. Bangunan-bangunan ini sangat dibutuhkan untuk kenyamanan pengunjung dan juga kelancaran proses dalam tahapan-tahapan di Samsat,” bebernya.

Imanuel berharap dalam beberapa waktu ke depan ini tak ada hambatan lagi sehingga mereka bisa segera berpindah. Diakui, sekarang memang arsip-arsipnya masih dalam bentuk fisik sehingga butuh tempat penyimpanan. Namun sesuai tuntutan zaman, ke depan mereka sudah harus beralih ke pelayanan berbasis digital.

“Kedepan sistem filenya secara digital dan ini sudah program Korlantas. Ini semata untuk mempermudah proses pelayanan,” tegas Imanuel Zacharias.

Ke depan, tambahnya, masyarakat sudah tidak perlu repot-repot datang ke Samsat untuk membayar pajak, melainkan cukup membuka aplikasi, serta mengisi formulir elektronik yang tersedia dan setelah bertransaksi di bank, kapan saja mereka ke kantor Samsat untuk pengesahan.

“Bila perlu lima tahun sekali baru mereka datang ke Samsat, saat STNK mati. Ini salah satu bentuk pelayanan yang simpel dan kita sementara menuju ke sana,” pungkasnya. (boy/aln)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top