Gerakan Cinta Bumi, PDI Perjuangan Sumba Timur Tanam 1.500 Pohon | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Gerakan Cinta Bumi, PDI Perjuangan Sumba Timur Tanam 1.500 Pohon


CINTA BUMI. Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora (tengah), Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Sumba Timur Umbu Nggiku, Calon Bupati Sumba Timur Kris Praing ikut ambil bagian dalam acara penanaman pohon bertajuk Gerakan Cinta Bumi di Pantai Kalamba, Desa Temu, Sabtu (29/2). (FOTO: Istimewa)

POLITIK

Gerakan Cinta Bumi, PDI Perjuangan Sumba Timur Tanam 1.500 Pohon


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Mendukung gerakan nasional penanaman pohon memperingati HUT ke-47 PDI Perjuangan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Sumba Timur menanam sebanyak 1.500 anakan pohon di kawasan Pantai Kalamba, Kanatang, Desa Temu, Sabtu (29/2).

Penanaman pohon ini diikuti seluruh kader PDI Perjuangan Sumba Timur dipimpin Ketua DPC, Umbu Kahumbu Nggiku. Turut hadir pada kesempatan itu Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, dan Sekda Kabupaten Sumba Timur Domu Warandoy. Turut berpartisipasi antara lain sejumlah mahasiswa dari perwakilan beberapa kampus di Sumba Timur dan beberapa organisasi kemahasiswaan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumba Timur, Umbu Kahumbu Nggiku mengatakan, kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan itu merupakan sebuah gerakan yang dimotori oleh PDI Perjuangan dengan nama Gerakan Cinta Bumi. Gerakan ini diprakarsai oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Gerakan Cinta Bumi dengan penanaman pohon dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan ke-47,” ungkap politisi yang juga Wakil Ketua DPRD Sumba Timur ini dalam keterangan tertulisnya kepada media ini, Sabtu (29/2).

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Sumba Timur, Sekda Sumba Timur serta semua peserta yang terlibat dalam acara itu.

Umbu Nggiku menyebut, jumlah anakan pohon yang ditanam sebanyak 1.500 pohon, terdiri atas tanaman bakau, sakura, sirsak dan kelapa. Penanaman pohon menyasar area kawasan pantai Kalamba di Desa Temu.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan NTT yang diwakili Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik, Anton Landi mengatakan, Gerakan Cinta Bumi merupakan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kepada seluruh kadernya dari tingkat pusat sampai anak ranting, baik yang ada di lembaga legislatif maupun eksekutif untuk menggalakan gerakan politik hijau berbasis lingkungan. Gerakan ini kata Anton telah dicetuskan sejak Tahun 2018 lalu.

Mantan anggota DPRD NTT ini menjelaskan, politik bagi PDI Perjuangan bukan hanya sekadar merebut kekuasaan tapi politik harus hadir dalam keseharian setiap kader seperti bagaimana merawat lingkungan.

PDI Perjuangan, lanjut Anton, telah memulainya dengan pelaksanaan Kongres 2019 lalu yang bebas dari sampah plastik. “Kita harap semua kader terus menjalakan kebijakan ini,” pesan Anton.

Sedangkan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora pada kesempatan itu menyambut baik Gerakan Cinta Bumi PDI Perjuangan dengan melakukan aksi nyata penanaman pohon di kawasan pantai tersebut.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumba Timur, Marlan Umbu Hina secara terpisah menjelaskan bahwa lokasi yang dipilih sebagai tempat penanaman aneka pohon merupakan kawasan pantai yang rawan akan abrasi. Kawasan itu juga merupakan lahan milik warga setempat dan bersedia untuk menjaga tanaman itu sampai besar.

“Kita sengaja pilih lokasi ini karena rawan akan abrasi dan pemilik juga bersedia untuk menjaga dan merawat pohon yang kita tanam,” katanya. (*/yl/aln)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top