Ikut Perkembangan Zaman, SMK St Agustinus Gelar US Berbasis Android | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ikut Perkembangan Zaman, SMK St Agustinus Gelar US Berbasis Android


UJIAN ONLINE. Tampak para siswa SMK Kesehatan Santu Agustinus Kefamenanu sementara mengerjakan soal-soal US secara online menggunakan HP Android masing-masing. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PENDIDIKAN

Ikut Perkembangan Zaman, SMK St Agustinus Gelar US Berbasis Android


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 21 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Santu Agustinus Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti Ujian Sekolah (US) berbasis Android, Senin (2/3).
Ini merupakan US kali pertama di TTU yang memanfaatkan kemajuan tekonologi menggunakan perangkat seluler berbasis Android.

US berbasis Android tersebut membantu siswa menyambut perkembangan zaman era 4.0. Selain itu juga pihak Sekolah lebih hemat dalam penggunaan anggaran untuk pelaksanaan ujian.

Hal ini dikemukakan Kepala SMK St. Agustinus Kefamenanu, Blasius Seo kepada TIMEXKUPANG.com di Kefa, Senin (2/3).

Menurut Blasius, pelaksanaan US kali ini sangat berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya, pelaksanaan US masih mengandalkan pensil dan kertas, maka kali ini pihak sekolah menekankan untuk menggunakan ponsel Android milik siswa.

“Ada 21 siswa-siswi yang mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Android. Semua Siswa yang mengikuti ujian mengerjakan soal menggunakan Android miliknya sendiri. Jadi pihak sekolah tidak perlu mengadakan sehingga dari sisi biaya cukup hemat,” tutur Blasius.

Blasius menambahkan, Pelaksanaan ujian berbasis Android memiliki banyak manfaat dan keunggulan terutama seluruh siswa-siswi telah menguasai Android sehingga tidak kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal ujian.

Selain itu, lanjut Blasius, dalam penyelenggaran US berbasis online menghemat anggaran. Apalagi SMK Kesehatan Santu Agustinus yang hanya memiliki jumlah siswa sedikit sangat diuntungkan.

“Ujian berbasis Android ini sangat menguntungkan. Kalau ujian menggunakan kertas pensil tentu lebih boros karena menggunakan bahan yang begitu banyak. Namun kalau berbasis Android semua hanya berpatokan pada Android yang dimiliki masing-masing untuk menyelesaikan soal-soal,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top