Menkes Duga Warga Jepang yang Lolos Scanner Bandara Sudah Minum Obat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Menkes Duga Warga Jepang yang Lolos Scanner Bandara Sudah Minum Obat


Menkes Terawan Agus Putranto. (FOTO: Istimewa)

NASIONAL

Menkes Duga Warga Jepang yang Lolos Scanner Bandara Sudah Minum Obat


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyesalkan lolosnya warga negara asing (WNA) asal Jepang yang positif virus Korona bisa masuk ke Indonesia. Dia menduga, warga negara Jepang itu bisa lolos thermal scanner di bandara karena sebelumnya sudah meminum obat.

“Saat itu dia tanpa keluhan atau tanpa gejala atau minum obat. Tapi kalo dia minum obat flu atau obat batuk nggak akan terdeteksi dia. Karena keluhan itu hilang semua,” kata Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3).

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini menduga, warga negara asal Jepang ini bisa lolos pemeriksaan di bandara karena telah meminum obat. Dia tidak terdeteksi positif virus Korona. “Menurut saya dia pasti minum obat karena ketahuan setelah dia di Malaysia,” ucap Terawan.

BACA JUGA: Dua WNI Positif Korona, Presiden Tegaskan Sudah Siagakan 100 RS dan Perketat 135 Pintu Masuk ke RI

Terawan pun memastikan, pasien terdampak virus korona karena daya imunitas tubuhnya rendah. Dia pun meminta masyarakat untuk tetap berdoa dan menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan tidak terinpeksi virus korona.

“Langkah pertama kita berdoa yang benar. Tetap nomor satu menjaga imunitas tubuh kita juga, semua kita lakukan, di bandara kita awasi. Kan ini memang kasus yang nggak kelihatan kecuali dia batuk panas ada demam ya ketauan, tapi kalo gak ada ya nggak bisa kethuan,” tukas Terawan.

Untuk diketahui, dua warga Depok Jawa Barat yang positif virus Korona usai bersentuhan dengan warga negara asal Jepang. Salah satu pasien terjangkit virus Korona karena melakukan dansa dengan warga Jepang itu pada 14 Februari 2020 lalu. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top