Dinas PUPR Gelar Bimtek SMKK, Begini Harapan Bupati Matim | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas PUPR Gelar Bimtek SMKK, Begini Harapan Bupati Matim


FOTO BERSAMA. Bupati Matim, Agas Andreas foto bersama peserta Bimtek usai acara pembukaan, Selasa (3/3). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinas PUPR Gelar Bimtek SMKK, Begini Harapan Bupati Matim


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Dinas PUPR Manggarai Timur (Matim) melakukan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) bagi 50 peserta dari unsur penyedia jasa konstruksi, di hotel Gloria Borong, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Selasa (3/3).

Kegiatan itu digelar atas kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Balai Jasa Konstruksi Kementerian PUPR Wilayah IV Surabaya.

Bupati Matim Agas Andreas, dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan, Bimtek ini merupakan upaya bersama dan kerja nyata untuk membangun kabupaten Matim ke depan.

Agas berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menjawab tantangan dan menciptakan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja konstruksi.

“Saya berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius dan pada akhirnya mendapatkan Sertifikat Petugas SMKK. Sertifikat ini bermanfaat meminimalisir terjadinya kecelakaan konstruksi,” ujar Bupati Agas dalam kegiatan yang juga dihadiri Kadis PUPR Matim, Yos Marto, Kepala Balai Jasa Konstruksi Kementerian PUPR Wilayah IV Surabaya, Prasetio, pimpinan OPD, para narasumber, dan para pegawai Dinas PUPR Matim.

Bupati berharap, pengendalian pelaksanaan pekerjaan di lapangan untuk mendapatkan hasil pekerjaan konstruksi sesuai persyaratan yang tercantum di dalam spesifikasi teknik. Serta dilaksanakan secara cepat biaya dan tepat waktu, juga tepat sasaran. Sehingga tercapai kinerja yang direncanakan secara akuntabel, efisien dan efektif guna menjamin ketersedian infrastruktur yang handal.

“Disini saya berpesan agar pelaksanaan kegiatan dapat berkontribusi terhadap pencapaian visi-misi mewujudkan masyarakat Matim yang sejahtera, berdaya dan berbudaya. Juga mampu menyelenggarakan infrastruktur yang berkualitas, bersinergi dengan sektor lain agar dapat mewujudkan  daerah aman, adil dan sejahtera di kabupaten Matim yang kita cintai,” pintanya.

Kepala Dinas PUPR Matim, Yosep Marto melalui Kabid Bina Teknik Konstruksi, Yosanal Kladius, menjelaskan kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, yakni Selasa (3/3) hingga Kamis (5/3). Kegiatan Bintek itu dilaksanakan  untuk memanajemenkan tenaga kerja ke depan.
Tujuan agar peserta memahami peraturan perundangan dan persyaratan lainnya terkait keselamatan konstruksi.

Yasona menyebutkan, agenda kegiatannya terbagi dalam dua sesi. Dimana dua hari untuk pendalaman materi, satu harinya untuk obserbasi lapangan. Jumlah peserta Bimtek ada 50 orang dari penyedia jasa konstruksi di Kabupaten Matim.

“Bimtek ini bertujuan untuk pengendalian risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap pekerjaan konstruksi, mampu diterapkan di lapangan dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Kegiatan ini dibiayai dari kerja sama Dinas PUPR Matim dan Satuan Kerja Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya,” jelas Yasonal Kladius.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Kementerian PUPR Wilayah IV Surabaya, Prasetio menjelaskan, Bimtek itu bertujuan menjalankan Peraturan Kementerian Pekerjaan Umum Nomor 21 tahun 2019. Peraturan itu telah diterbitkan oleh pemerintah pusat dan Kementerian PUPR dengan memperbanyak petugas-petugas di lapangan tentang SMKK.

“Disini juga mendorong perusahaan-perusahaan kecil untuk menciptakan tenaga kerja yang berdaya saing. Selain itu kaitan dengan SMKK, untuk mendorong keselamatan kerja dan para pekerja,” ujar Prasetio. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top