Lantik 59 Pejabat, Wabup Matim Minta Perhatikan Empat Hal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantik 59 Pejabat, Wabup Matim Minta Perhatikan Empat Hal


ANGKAT SUMPAH. Para pejabat yang dilantik Wabup Matim, Stef Jaghur di ruangan rapat Bupati, Kantor Bupati Matim di Lehong, Rabu (4/3). (FOTO: Fansi Runggat/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Lantik 59 Pejabat, Wabup Matim Minta Perhatikan Empat Hal


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 59 pejabat tinggi pratama, administrator, dan pejabat pengawas lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim), dilantik Wakil Bupati (Wabup) Matim, Stefanus Jaghur, di aula Kantor Bupati Matim, di Lehong, Rabu (4/3).

Dari 59 pejabat yang dilantik itu, sebanyak 43 orang menduduki jabatan sebagai pengawas, tiga orang pejabat pimpinan tinggi pratama, dan 13 orang pejabat administrator. Acara pelantikan itu dihadiri Sekda Matim, Boni Hasudungan, pimpinan OPD, saksi rohaniwan, saksi ASN, dan undangan lainya.

Wabup Stef Jaghur dalam amanahnya mengatakan, pelantikan itu bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Melainkan sebagai upaya pembenahan dan pemantapan organisasi, terutama dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.

Wabup menandaskan, pertimbangan utama menempatkan seorang ASN dalam jabatan didasarkan pada kompetensi, pengabdian, serta komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara. Oleh karena itu, lanjutnya, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan kuat untuk memiliki wawasan yang luas serta dapat menjadi roda penggerak organisasi.

“Perlu saya informasikan, pelantikan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama hari ini merupakan hasil rekomendasi Komisi ASN. Pelantikan hari ini tidak menghilangkan esensi. Penetapan pejabat di instansi pemerintah daerah, tentu atas pertimbangan kualiflkasi, kompetensi dan kinerja,” urai Stef Jaghur.

Dengan demikian, lanjut Wabup Stef Jaghur, pejabat dituntut lebih menunjukan kualitas diri yang diwujudkan dalam pelaksanaan tugas harian. Khususnya tugas dan pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat Matim. Pelaksanan tugas pemerintahan, katanya, diharapkan tidak dilihat sebagai rutinitas semata, tetapi lebih jauh dilihat sebagai tanggung jawab sebagai ASN sekaligus pelayan masyarakat agar kesejahteraan dapat tercapai.

“Pelantiikan ini untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas dan jabatan yang diamanahkan itu sebuah kepercayaan dan kehormatan. Namun di sisi lain merupakan tantangan yang harus dihadapi. Jadi saya berharap sekaligus mengajak bapak/ibu sekalian, mari kita laksanakan amanah yang mulia ini dengan penuh ketulusan, kejujuran, dan tanggung jawab. Mari wujudkan cita-cita dan tujuan kita bersama membangun Matim yang lebih sejahtera, berdaya dan berbudaya,” ajak Stef Jaghur.

Dalam kesempatan itu, Wabup Stef Jaghur meminta seluruh pejabat yang dilantik, untuk memperhatikan empat hal penting. Pertama, segeralah lakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing. Membangun koordinasi, komunikasi dan kerja sama efektif secara berjenjang. Baik dengan sesama pimpinan maupun dengan atasan.

Kedua, lanjut Wabup, perlu semua sadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi kebutuhan dan kepentingan masyarakat semakin meningkat dan beragam. Karena itu, segera pelajari dan pahami tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat.

Ketiga, untuk pejabat yang baru dilantik hendaknya selalu mengayomi dan melindungi pejabat di bawahnya. Terutama dalam memberikan arahan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Jabatan yang diemban bukanlah hak, tetapi kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dan juga merupakan sebuah amanah yang kelak harus dipertanggungjawabkan,” pesan Wabup.

Hal keempat, kata Stef Jaghur, yakni menciptakan suasana kerja yang kondusif. Pupuk kerja sama yang baik diantara pimpinan dan staf di lingkungan unit kerja masing-masing.

“Jalankan keempat hal ini sebagai tugas dan tanggung jawab dan juga sarana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Matim. Jadilah pejabat yang memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, berintegritas dan memiliki semangat melayani,” pungkas Wabup Jaghur. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top