Cegah Abrasi, Polres TTU dan Bhayangkari Tanam Mangrove di Pantai Wini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Abrasi, Polres TTU dan Bhayangkari Tanam Mangrove di Pantai Wini


TANAM MANGROVE. Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas bersama Ketua Bhayangkari Polres TTU, Ny. Ayu Nelson saat melakukan penanaman pohon mangrove di Pantai Wini, Kecamatan Insana Utara, Rabu (4/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Cegah Abrasi, Polres TTU dan Bhayangkari Tanam Mangrove di Pantai Wini


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Polres Timor Tengah Utara (TTU), bersama Bhayangkari melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon mangrove di Pantai Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU, Rabu (4/3).

Penanaman Pohon mangrove tersebut dilakukan untuk mencegah adanya abrasi yang akan terjadi di sepanjang pantai tersebut serta menjaga dan melestarikan objek wisata alam maupun Bahari tepat di garis perbatasan RI-Timor Leste. Penghijauan ini sekaligus untuk perubahan mitigasi iklim.

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut, yakni Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas bersama jajaran dan Ketua Bhayangkari Polres TTU, Ny. Ayu Nelson bersama jajaran serta Kepala Desa setempat.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas kepada TIMEXKUPANG.com, Rabu (3/4) menuturkan, kegiatan tersebut merupakan program Polri dalam mendukung penghijauan di wilayah NKRI serta mengembalikan kejayaan Nusantara yang dikenal sebagai daerah yang memiliki kawasan hijau terbesar.

“Ini bagian dari program Polri peduli penghijauan sehingga mewajibkan seluruh anggota Polri di satuan bawah untuk melakukan penghijauan,” tutur Nelson.

Nelson menambahkan, penanaman pohon mangrove tersebut pula ingin mengunggah hati warga negara Indonesia untuk mau peduli pada lingkungan. Apalagi, belakangam ini makin marak terjadi kasus pembalakan liar di kawasan hutan dan juga kebakaran hutan.

Menurut Nelson, tanaman mangrove juga berfungsi melestarikan Pantai Wini dengan mencegah abrasi dan mitigasi perubahan iklim. Selain itu juga, Pantai Wini yang kini menjadi objek wisata andalan perlu dijaga dan dilestarikan.

“Kita ingin tunjukan kepada masyarakat bahwa pentingnya menanam pohon serta manfaatnya. Selain menambah keindahan pantai, ini bertujuan untuk mengembalikan peran dan fungsi mangrove sebagai penyerap polutan, mencegah intrusi air laut apalagi mangrove menyimpan karbon yang tinggi,” jelasnya.

Nelson berharap, pohon mangrove yang telah ditanam dapat mengembalikan ekosistem di pantai tersebut sehingga akan menjaga kelestarian lingkungan pantai yang terletak persis di pintu Perbatasan RI-Timor Leste.

“Mudah-mudahan mangrove ini cepat tumbuh sehingga bisa membantu mencegah abrasi. Selain itu, mangrove akan membuat pantai ini semakin indah dan hijau. Kami akan mengajak masyarakat untuk turut merawat pohon-pohon ini hingga besar,” pinta Nelson. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top