Perketat Penjagaan Pintu Perbatasan, KKP Kelas III Kupang Bentuk TGC | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Perketat Penjagaan Pintu Perbatasan, KKP Kelas III Kupang Bentuk TGC


PENGUKUHAN. Kapala KKP Kelas III Kupang, Putu Alit Sudarma saat mengukuhkan Tim Gerak Cepat di PLBN Wini dengan mengenakan rompi kuning kepada Tim, Jumat (6/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Perketat Penjagaan Pintu Perbatasan, KKP Kelas III Kupang Bentuk TGC


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang terus bergerak cepat untuk memperketat penjagaan dan pengawasan pelintas batas di sepanjang pintu perbatasan yang ada di Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), khususnya di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Salah satu upaya itu adalah dengan membentuk Tim Gerak Cepat (TGC).

Tim gerak cepat yang dibentuk itu melibatkan sejumlah unsur, yakni pihak Kepolisian, TNI, Imigrasi, Bea Cukai, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini dan juga pemerintah setempat. Tim yang dibentuk itu langsung dikukuhkan oleh Kepala Kantor KKP Kelas III Kupang, Putu Alit Sudarma di PLBN Wini, Jumat (6/3).

Hadir dalam pengukuhan Tim Gerak Cepat tersebut diantaranya, Kepala Kantor KKP Kelas III Kupang, Kapolsek Insana Utara, Danramil 1618-03 Insana Utara, Kapolsubsektor Wini, Dankipur I Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/Bima Sakti, Perwakilan BNPP PLBN Wini, Staf Bea Cukai PLBN Wini, Supervisor Imigarsi PLBN Wini, Camat Insana Utara serta Kepala Desa Humusu Wini.

Kapala KKP Kelas III Kupang, Putu Alit Sudarma kepada TIMEXKUPANG.com, Jumat (6/3) menuturkan, pembentukan dan pengukuhkan Tim Gerak Cepat bertujuan memperketat penjagaan dan pengawasan pelintas batas di PLBN Wini. Selain itu juga untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) masuk ke wilayah Indonesia, khususnya Kabupaten TTU melalui pintu perbatasan RI-RDTL yang berada disepanjang garis perbatasan wilayah itu.

BACA JUGA: Dua WNI Positif Korona, Presiden Tegaskan Sudah Siagakan 100 RS dan Perketat 135 Pintu Masuk ke RI

“Dengan adanya ancaman penyakit yang berpotensi mewabah saat ini, maka perlu dibentuk Tim Gerak Cepat guna melakukan pengawasan sekaligus pencegahan terhadap virus mewabah seperti korona,” kata Putu Alit.

Putu menambahkan, Tim Gerak Cepat yang dibentuk KKP kelas III Kupang ini akan ditempatkan pada pintu masuk baik pelabuhan, bandara, dan pintu masuk/keluar PLBN. Tim Gerak Cepat yang dibentuk itu juga mempunyai kemampuan untuk menditeksi dan mencegah secara dini terhadap setiap kejadian luar biasa.

Guna mencapai target, lanjut Putu, pihaknya mengharapkan adanya kerja sama lintas sektor terutama aparat keamanan maupun sipil yang bertugas di PLBN untuk melakukan pengawasan sekaligus pencegahan secara bersama.

“Kita berharap adanya kerja sama lintas sektoral untuk menditeksi dan mencegah setiap permasalahan KLB di Wilayah kerja sehingga virus mewabah seperti korona tidak masuk secara bebas ke wilayah NKRI,” pungkasnya

Sementara, Danramil 1618-03 Insana Utara, Lettu Inf Abel Monis menuturkan, pihaknya senantiasa mendukung penuh kerja Tim Gerak Cepat yang telah dibentuk oleh KKP Kelas III Kupang di PLBN Wini guna melakukan pengawasan sekaligus pencegahan terhadap masuknya virus korona melalui perbatasan.

Dikatakan, pihaknya akan menempatkan anggota di PLBN Wini untuk mendapingi Tim Gerak Cepat setiap hari kerja guna melakukan pengawasan sekaligus mendektiksi beredarnya virus korona bahkan virus mewabah lainnya.

“TNI siap mendukung dan bekerja sama dengan Tim Gerak Cepat yang telah dibentuk KKP Kelas III Kupang di PLBN Wini untuk melakukan pengawasan sekaligus mendeteksi beredarnya virus corona maupun virus mewabah lainnya,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top