Tim OPAL SMK-PP Negeri Kupang Panen Perdana Jagung | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tim OPAL SMK-PP Negeri Kupang Panen Perdana Jagung


SIAP PANEN. Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP berada di lahan jagung tim OPAL sekolah itu yang sudah siap panen, kemarin (5/3). (FOTO: Dok. Humas SMK-PP Neg. Kupang)

PENDIDIKAN

Tim OPAL SMK-PP Negeri Kupang Panen Perdana Jagung


OELAMASI-Tim Obor Pangan Lestari (OPAL) Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang melakukan panen perdana komuditas jagung di lahan OPAL sekolah itu, Kamis (5/3).

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP ikut mendampingi Tim OPAL dalam kegiatan panen perdana tersebut kemarin.

Humas SMK-PP Negeri Kupang dalam keterangan tertulisnya kepada media ini, Jumat (6/3) menyebutkan, jagung yang dipanen sebelumnya telah ditanam pada Januari 2020 oleh tim OPAL SMK-PP Negeri Kupang.

Varietas jagung yang ditanami jenis Hibrida Bisi II. Budidaya jagung ini dilakukan di lahan seluas 300 m2. Budidaya jagung ini dilakukan tim OPAL yang terdiri dari empat orang dan dikoordinasi oleh Pedro Dos Santos Martins, SST.

Komoditas jagung yang dipanen kemarin lebih kurang 500 tongkol/bulir. Jagung yang telah dipanen ini kemudian dijual kepada civitas SMK-PP Negeri Kupang termasuk di dalamnya para guru, pegawai dan dijual ke pasar terdekat. Jagung dijual dengan harga Rp 10.000,- per 12 tongkol/bulir.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP dalam kesempatan itu mengatakan, keberhasilan panen ini harus dijadikan sebagai motivasi untuk melanjutkan usaha di lahan OPAL pada kesempatan selanjutnya.

“Kemungkinan akan ada pergantian komoditas pada musim tanam selanjutnya. Saya berharap tim OPAL SMK-PP Negeri Kupang terus mempertahankan semangat yang sudah ada saat ini untuk usaha pembangunan bidang pertanian selanjutnya,” harap Stepanus Bulu.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, seperti dikutip dari Kompas, menyebutkan, Obor Pangan Lestari atau OPAL memiliki tujuan jangka panjang, yakni meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Untuk itulah, saat ini komoditas yang ditanam di lahan OPAL SMK-PP Negeri Kupang adalah tanaman jagung. (*/aln)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top