Antisipasi Covid-19, RSUD Kefamenanu Siapkan APD Bagi Paramedis | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Antisipasi Covid-19, RSUD Kefamenanu Siapkan APD Bagi Paramedis


Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Agustina Tanusaputra. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Antisipasi Covid-19, RSUD Kefamenanu Siapkan APD Bagi Paramedis


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Jumlah kasus pasien terinfeksi virus Korona (Covid-19) yang masuk ke Indonesia terus bertambah. Sejak awal ditemukan dua yang positif, hingga Minggu (8/2), sesuai yang disampaikan pemerintah, jumlahnya sudah menjadi enam orang. Virus mematikan itu kini menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Menyikapi beredarnya virus mematikan tersebut, RSUD Kefamenanu telah menetapkan status siaga terhadap Covid-19. Pihak RSUD Kefamenanu segera mengadakan dan menyiapkan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi paramedis sebagai garda terdepan.

Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Agustina Tanusaputra kepada TIMEXKUPANG.com, Rabu (4/3) menuturkan, RSUD Kefamenanu hingga saat ini belum memiliki ruang isolasi guna menampung dan merawat pasien virus menular seperti korona dan juga penyakit menular lainnya.

Meski demikian, kata dr. Agustina, pihaknya akan tetap menerima dan merawat pasien dengan keluhan penyakit menular seperti korona dengan memprioritaskan untuk menyiapkan APD bagi para tenaga medis.

“Tadi saya instruksikan untuk secepatnya disiapkan APD. Begitu juga dengan kebutuhan masker. Kita memang belum memiliki ruangan isolasi namun kita akan tetap menerima dan merawat pasien yang terindikasi korona,” tutur dr. Agustina.

BACA JUGA: Rumah Sakit Rujukan Virus Korona Bertambah Menjadi 137

Terkait pola penanganan pasien korona, lanjut dr. Agustina, pihaknya hanya memberikan penanganan awal dan persiapan perlindungan diri terhadap pasien untuk dirujuk ke RSU Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang untuk menjalani perawatan.

Dokter Agustina menambahkan, dirinya juga sudah memerintahkan bidang pelayanan untuk lebih siaga lagi terhadap adanya kemungkinan penyebaran virus korona di TTU.

“Kalau kasusnya ada, kami akan segera kirim ke rumah sakit Prof. Johannes Kupang untuk ditangani karena rumah sakit itu yang menjadi rumah sakit rujukan. Kita di RSUD hanya memberikan penanganan awal saja,” jelasnya.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat memperhatikan daya tahan tubuh yang baik dengan menerapkan pola hidup sehat. Terutama mengonsumsi makanan bergizi.

“Virus corona ini kan menyerang daya tahan tubuh manusia. Supaya terhindar dari virus itu, maka daya tahan tubuh kita harus tetap fit sehingga tidak mudah terjangkit virus, termasuk korona,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top