TTU Tuan Rumah KSN Rayon 1, Libatkan Pelajar 6 Daerah di Timor Barat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TTU Tuan Rumah KSN Rayon 1, Libatkan Pelajar 6 Daerah di Timor Barat


SIAP KOMPETISI. Para peserta KSN bersiap mengerjakan soal lomba KSN yang berlangsung di SMAN 1 Kefamenanu, Selasa (10/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PENDIDIKAN

TTU Tuan Rumah KSN Rayon 1, Libatkan Pelajar 6 Daerah di Timor Barat


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 180 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menyebar di lima kabupaten se Daratan Timor (Timor Barat) saat ini sedang berada di Kota Kefamenanu untuk mengikuti lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) Rayon I. SMA Negeri 1 Kefamenanu menjadi tuan rumah even ini yang dimulai Selasa (10/3) pagi.

Peserta yang mengikuti lomba tersebut merupakan SMA pilihan dari masing-masing kabupaten, yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang yang sebelumnya masuk nominasi tiga besar saat lomba KSN tingkat Kabupaten.

Ketua Panitia KSN Rayon 1 Tahun 2020, Dominikus Nitase kepada TIMEXKUPANG.com, di Kefamenanu, Selasa (10/3) menuturkan, kegiatan ini sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN), dan tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) dimana untuk pelaksanaan di Rayon 1 meliputi wilayah Timor, Kabupaten TTU menjadi tuan rumah.

“Program Olimpade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2020 telah berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Tahun ini kabupaten TTU yang menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan ilmiah ini,” tutur Dominikus.

Menurut Dominikus, kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas peserta didik tingkat SMA.

Oleh kerena itu, lanjutnya, panitia dalam berbagai keterbatasan telah mempersiapkan pelaksanaan lomba KSN semaksimal mungkin agar hasil nantinya menjadi rujukan Rayon 1 yang nantinya akan bersaing diantara lima rayon yang lain di tingkat Provinsi NTT.

“Ada sembilan mata pelajaran yang dilombakan pada kompetisi ini dengan jumlah peserta sebanyak 108 orang. Mereka akan berkompetisi untuk memperebutkan tiga besar dari setiap mata pelajaran itu,” jelasnya.

Sementara Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam sambutan tertulis yang dibacakan Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis menyampaikan terima kasih kepada Pemprov NTT yang mempercayakan penyelenggaraan KSN Rayon 1 Tahun 2020 di Kabupaten TTU yang diikuti oleh enam kabupaten/Kota se daratan Timor.

Dikatakan, perkembangan teknologi dan era industri 4.0 menjadi tantangan nyata yang kini hadapi. Setiap orang bukan saja dituntut untuk beradaptasi, melainkan juga harus mampu menaklukkannya dan mampu berperan di dalamnya.

“Kompetisi Sains Nasional yang diselenggarakan setiap tahun merupakan ajang untuk mengembangkan kemampuan dan minat generasi muda kita sehingga dapat berperan di era industri 4.0 ini. Anak-anak kita perlu diasah minat dan bakatnya dalam bidang sains, karena revolusi teknologi selalu diawali dengan revolusi pemahaman sains,” tutur Fransiskus mengutip sambutan Bupati.

Menurut Fransiskus Tilis, teknologi merupakan hasil penerapan dari pemahaman sains yang baru dan lebih mendalam. Selama ini masih ada persepsi yang keliru, yakni orang merasa bahwa sains atau ilmu murni tak membawa manfaat langsung pada keseharian setiap orang.

Persepsi inilah yang tak jarang membuat banyak pihak lebih memilih mengutamakan ilmu dan riset terapan. Padahal keduanya perlu dipadupadankan, diselaraskan, dan diimplementasikan secara beriringan.

Untuk itu, lanjutnya, setiap orang bukan sekadar menguasai sains, melainkan juga membangun paradigma, pola pikir dan karakter ilmiah. Sebab pada kenyatannya, sains juga dapat menjadi wahana penumbuhan nilai-nilai karakter positif, antara lain rasa ingin tahu yang besar, kegemaran bereksperimen, tidak mudah percaya tanpa melakukan analisis ilmiah, hingga integritas.

“Saya mengharapkan kepada para peserta KSN tahun ini agar dapat memanfaatkan ajang ini untuk berprestasi sehingga dari Rayon 1 dapat muncul ilmuwan-ilmuwan muda yang turut berperan dalam pembangunan bangsa dan negara kita,” harapnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top