Kabupaten TTU Dapat Tambahan Rp 5 Miliar dari Pusat, Ini Peruntukannya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kabupaten TTU Dapat Tambahan Rp 5 Miliar dari Pusat, Ini Peruntukannya


Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten TTU, Egidius Sanam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kabupaten TTU Dapat Tambahan Rp 5 Miliar dari Pusat, Ini Peruntukannya


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Pusat terus berupaya meningkatkan percepatan pembangunan di tingkat desa khususnya di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sebagai salah satu kabupaten yang berbatasan darat dengan Distrik Oecusse, Timor Leste.

Terbukti, Tahun ini Kabupaten TTU mendapatkan tambahan dana senilai Rp 5 miliar yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat khusus untuk tambahan anggaran Dana Desa di wilayah itu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten TTU, Egidius Sanam Kepada TIMEXKUPANG.com, di Kefamenanu, Rabu (11/3) mengatakan, pada tahun anggaran 2019 lalu, besaran Dana Desa yang dialokasikan untuk Kabupaten TTU Rp 160.388.979.000. Tahun ini mengalami peningkatan menjadi Rp 165.271.112.000. Artinya ada penambahan sebanyak Rp 5 miliar.

Egidius mengatakan, sebagai salah satu kabupaten di wilayah perbatasan negara, TTU mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat khususnya untuk percepatan pembangunan di tingkat desa bahkan kabupaten.

Egidius menambahkan, Kenaikan serupa juga terjadi pada alokasi Dana Desa (ADD). Pada tahun 2019, total anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat Rp 52 miliar lebih. Sementara tahun anggaran 2020 mengalami peningkatan menjadi Rp 60 miliar lebih.

Menurut Egidius, dengan adanya penambahan anggaran tentu beban kerja semakin berat pula sehingga anggaran yang akan dikucurkan ke masing-masing desa harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

“Untuk ADD juga ada penambahan sekitar Rp 8 miliar lebih dari total anggaran tahun sebelumnya hanya Rp 52 miliar lebih,” tambah Egidius.

Egidius berharap, dengan adanya penambahan Dana Desa dan ADD yang jumlahnya begitu besar, diharapkan dapat meningkatkan pembangunan di desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat banyak.

Egidius menghimbau agar anggaran yang akan dikucurkan ke masing-masing desa dapat dikelola dengan baik dan benar sehingga tidak disalahgunakan lagi oleh oknum tertentu.

“Kita harap yang salahgunakan Dana Desa di daerah ini cukup tiga Desa saja yang sementara menjalani hukuman sedangkan yang lainnya tidak perlu mengikuti jejak ketiga desa itu lagi sehingga tujuan utama dari Dana Desa benar dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top