Virus Korona di Indonesia Sudah Menular Secara Lokal Orang ke Orang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Virus Korona di Indonesia Sudah Menular Secara Lokal Orang ke Orang


Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, menjelaskan pihaknya sedang menelusuri kasus pasien 27. (FOTO: Gunawan Wibisono/JawaPos.com)

NASIONAL

Virus Korona di Indonesia Sudah Menular Secara Lokal Orang ke Orang


Tambah Lagi 8 Kasus Baru

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Jumlah pasien positif virus Korona jenis baru atau COVID-19 di Indonesia kini bertambah menjadi 27 orang. Ada yang harus diwaspadai terkait pasien ke-27 yakni laki-laki 33 tahun, Warga Negara Indonesia (WNI). Dia dicurigai sudah tertular secara lokal (local transmission) dari orang ke orang.

Maklum saja, pasien 27 ini tidak memiliki riwayat pergi ke luar negeri atau ke negara manapun dalam beberapa bulan terakhir. Dia juga tidak memiliki kontak teman dekat atau tak kenal dengan kluster Jakarta di klub dansa sebagai pusat penularan awal.

“Maka, kami menduga sudah terjadi local transmission,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, di Jakarta, Selasa (10/3).

Yurianto menjelaskan petugas sedang mengelaborasi lebih jauh pada pasien 27 untuk melacak penularannya dari mana. Sebab pasien tersebut tak jelas penularannya dari mana.

“Yang bersangkutan tak pulang dari luar negeri. Bukan dari kluster Jakarta juga. Kami bertanya apakah ada teman yang sakit,” paparnya.

Yurianto masih belum dapat memastikan penularan lokal pasien 27 dari mana saja. Maka penelusuran kontak sedang dilakukan.

“Pasien 27 masih kami berikan tanda tanya. Local transmission dari mana. Ini yang menjadi pekerjaan kami selanjutnya,” tegasnya.

Sedangkan untuk kondisi pasien lainnya secara keseluruhan dipastikan stabil. Ada 1 pasien yakni pasien 23, perempuan 73 tahun, imported case, kondisinya dipasangi alat ventilator. “Pasien 23 cukup stabil meskipun ada penyakit pendahulunya dan dipasang ventilator,” papar Yurianto.

Tambah 8 Kasus Baru

COVID-19 di tanah air kembali bertambah. Setelah pada Senin (9/3) diumumkan ada 19 kasus, kini ada tambahan 8 kasus baru. Sehingga total pasien yang positif virus korona per Selasa (10/3) berjumlah 27 orang.

Achmad Yurianto mengumumkan, dari 8 tambahan kasus baru itu, beberapa diantaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

“Kami tetap konsisten tak akan menyebutkan dari mana negaranya dan dari mana daerahnya atau rumah sakitnya,” tegasnya.

Achmad Yurianto menyebutkan, delapan pasien baru COVID-19 itu, dihitung sebagai pasien 20 adalah seorang perempuan WNI usia 70 tahun. Pasien ini merupakan bagian dari tracing contact dengan subkluster Jakarta.

Selanjutnya Pasien 21 juga perempuan WNI 47 tahun. Bagian dari tracing contact subkluster Jakarta. Pasien 22, perempuan 36 tahun, WNI bagian dari Imported case karena baru pulang dari luar negeri.

Pasien 23 juga perempuan WNI 73 tahun. Imported case, baru pulang dari luar negeri.

Pasien 24. Laki-laki, usia 46 tahun, WNI, bagian Imported case baru pulang dari luar negeri.

Pasien 25. Perempuan. 53 tahun. WNA. Imported case. Baru pulang dari luar negeri.

Pasien 26. Laki-laki. 46 tahun. WNA. Imported case. Baru pulang dari luar negeri.

Pasien 27. Laki-laki. 33 tahun. WNI. Masih ditelusuri penularannya dari mana. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top