Bank NTT Bantu Satu Unit Tangki Air ke Pemkab Malaka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bank NTT Bantu Satu Unit Tangki Air ke Pemkab Malaka


BANTUAN CSR. Dirut Bank NTT, Izak Eduard Rihi (kanan) saat menyerahkan secara simbolis bantuan satu unit truk tangki air dari Dana CSR Bank NTT kepada Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran, MPH di Betun, Rabu (11/3). (FOTO: Pisto Bere/TIMEX)

BISNIS

Bank NTT Bantu Satu Unit Tangki Air ke Pemkab Malaka


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Bank NTT mewujudkan komitmennya mendukung kemajuan daerah dengan meyerahakan bantuan satu unit truk tangki air kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka.

Bantuan itu diserahkan langsung Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Izak Eduard Rihi kepada Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH disaksikan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Malaka dan Pegawai Bank NTT bertempat di ruang pertemuan Kantor Bupati Malaka, Rabu (11/3).

Penyerahan bantuan itu diikuti dengan penandatanganan berita acara dilanjutkan dengan uji coba mengemudikan mobil tangki oleh Bupati Malaka Stefanus Bria didampingi Dirut Bank NTT, Izak Eduad Rihi mengelilingi halaman depan kantor Bupati Malaka di Betun.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dalam sambutannya mengatakan, bantuan Bank NTT ini akan digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat terutama memenuhi kebutuhan air bersih warga Malaka.

Bupati Stef juga mengapresiasi Dirut Bank NTT dan seluruh jajarannya atas perhatiannya memberikan bantuan truk tangki air bagi Pemkab Malaka.

Bupati Stef menuturkan, Pemkab Malaka telah menjalankan kemitraan dengan Bank NTT sejak 2017 berupa penyertaan modalnya. Saat itu, kata Bupati Stef, Pemkab Malaka ikut menyetor modal ke Bank NTT senilai Rp 150 miliar.

Dari penyertaan modal itu, Pemkab Malaka memiliki saham di Bank NTT, sehingga Pemkab Malaka mendapatkan dividen senilai Rp 10 miliar lebih. Pada tahun 2018, Pemkab Malaka kembali menyuntikkan tambahan modal senilai Rp 50 miliar, dan berhasil menerima dividen senilai Rp 3 miliar lebih. Pada 2019 lalu, Pemkab Malaka menyertakan lagi modal dengan nilai yang sama dan kembali menerima dividen senilai Rp 4,9 miliar.

Menurut Bupati Stef, upaya yang dilakukan Pemkab Malaka ini bertujuan mendukung pembangunan Kabupaten Malaka ke depan. Pasalnya, dengan adanya penyertaan modal daerah ke Bank NTT, setiap tahunnya uang daerah akan terus bertambah.

“Bank NTT merupakan bank milik daerah NTT, dan kita sebagai penanam saham bekerja untuk mendukung pembangunan daerah NTT,” ungkap Bupati Stef.

Bapati Stef bahkan mengungkapkan kebanggaannya, yang mana walaupun Kabupaten Malaka baru lahir sebagai daerah otonom, namun dari sisi penyertaan modal di Bank NTT, Malaka berada diurutan 11 dari 22 kabupaten/kota di NTT.

Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran, Dirut Bank NTT, Izak Eduard Rihi, Pimpinan Bank NTT Malaka dan pimpinan sejumlah OPD foto bersama truk tangki bantuan Bank NTT, di Betun, Rabu (11/3). (FOTO: Pisto Bere/TIMEX)

“Saya punya mimpi besar kedepan, jika masih dipercaya masyarakat untuk memimpin Kabupaten Malaka lima tahun ke depan, maka Malaka akan menjadi penanam saham nomor urut kedua di Bank NTT setalah Pemprov NTT,” janjinya.

Dirut Bank NTT, Izak Eduard Rihi dalam sambutannya menyatakan kehadiran Bank NTT di Malaka tentunya memberikan dukungan pembagunan serta memberikan solusi untuk kemajuan daerah.

“Bantuan mobil tangki ini merupakan keinginan pemerintah daerah dimana dari dana CSR yang dialokasikan untuk Malaka untuk mendukung pemerintah menyediakan air bersih bagi masyarakat, sehingga hari ini kita (Bank NTT, Red) realisasikan bantuan itu dengan memberikan bantuan mobil tangki,” jelas Izak Eduard Rihi.

Izak mengharapkan, dengan bantuan dari dana CSR bagi Pemkab Malaka ini, distribusi air bersih kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik dan lancar. Izak bahkan berjanji tahun depan Bank NTT akan kembali memberikan bantuan lagi, karena CSR ini tergantung pada kinerja, laba, dan penyertaan modal.

“Jadi ada hitungannya sehingga, jika modal semakin besar, maka CSR juga akan semakin besar. Dengan demikian bantuan bisa kita alokasikan untuk daerah,” katanya.

Izak mengharapkan, kiranya dengan kehadiran Bank NTT di Malaka ikut mendorong pertumbuhan ekonomi serta memajukan daerah ini.

Bank NTT, lanjut Izak, akan terus melakukan tranformasi dengan terus meningkatkan daya saing sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi pembagunan daerah.

“Ini (Bantuan CSR, Red) merupakan bagian dari tangung jawab sosial kita kepada masyarakat dan Pemerintah Malaka dengan menyerahkan satu unit mobil tangki air. Seperti kita ketahui bersama bahwa kebutuhan dasar air bersih merupakan hal yang prinsip, sehinga Bank NTT juga berupaya menghadirkan mobil untuk mendukung pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” urainya.

Izak mengaku bahwa Pemkab Malaka setiap awal tahun rutin memberikan setoran modal ke Bank NTT. Ini menunjukkan bahwa Bupati dan masyarakat Malaka memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Bank NTT.

“Karena itu, kami juga memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk mewujudkan kesejahterakan masyarakat Malaka. Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Malaka yang sudah mendukung Bank NTT di Malaka dengan terus melakukan setoran modal secara berkelanjutan setiap awal tahun. Ini menjadi bukti Bank NTT dianggap sebagai institusi yang strategis yang menjadi mitra untuk mendukung proses-proses pembagunan di wilayah ini,” pungkas Izak. (mg30)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top