Pemkab Malaka Tambah Tiga Puskesmas Berstandar Nasional | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab Malaka Tambah Tiga Puskesmas Berstandar Nasional


DI BETUN. Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran menghadiri sebuah forum yang dihadiri para tenaga kesehatan di wilayah itu. (FOTO: Pisto Bere/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkab Malaka Tambah Tiga Puskesmas Berstandar Nasional


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Guna meningkatkan pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dibawah kendali Bupati dr. Stef Bria Seran, MPH giat membangun fasilitas kesehatan di setiap kecamatan. Hal yang kini dilakukan adalah membangun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) berstandar nasional.

Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Malaka, Herman Klau kepada TIMEXKUPANG.com di Betun, Kamis (5/3) pekan lalu menyatakan, tahun ini pihaknya melakukan pelelangan terhadap beberapa paket pekerjaan konstruksi dan konsultan perencanaan dan pengawasan untuk pembangunan Puskesmas di sejumlah kecamatan.

Menurut Herman, saat ini yang sementara berproses proses penunjukan langsung (non tender) untuk konsultan perencana proses pembangunan Puskesmas Nurobo, Puskesmas Uabau, dan Puskesmas Seon.

Kepala ULP Kabupaten Malaka, Herman Klau. (FOTO: Pisto Bere/TIMEX)

Hal tak jauh beda juga dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik ketika dikonfirmasi terpisah.

Menurutnya, sejak Malaka dipimpin Bupati dr. Stef Bria Seran, telah dibangun 10 Puskesmas, dimana semuanya berstandar nasional. Kini, lanjutnya, dalam proses untuk pembangunan tiga Puskesmas baru juga berstandar nasional, yakni Puskesmas Nurobo, Puskesmas Uabau, dan Puskesmas Seon.

“Saat ini di Malaka sudah ada 10 Puskesmas standar nasional. Sementara ini dalam proses untuk tambah tiga lagi, jadi akan bertambah menjadi 13 Puskesmas di Malaka berstandar nasional,” ungkap drg. Paskalia.

Paskalia mengatakan, apa yang dilakukan Pemkab Malaka saat ini merupakan perwujudan salah satu program prioritas di bidang kesehatan.

“Saat ini, secara keseluruham ada 20 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Malaka. Dari jumlah itu, 10 Puskesmas sudah dibangun standar nasional dan akan tambah 3 lagi yang kini dalam proses. Jika sedah terbangun, kita punya 13 Puskesmas berstandar nasional, dan hanya 7 Puskemas yang belum standar nasional,” ungkapnya.

Paskalia mengatakan, pembangunan Puskesmas itu tidak semata dilakukan Pemkab Malaka, namun ada juga bantuan pemerintah pusat, termasuk penyediaan fasilitas pendukung untuk rawat inap maupun rawat jalan. (mg30)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top