Budi Karya Sumadi Positif Covid-19, Jokowi Tunjuk Luhut Menhub Ad Interim | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Budi Karya Sumadi Positif Covid-19, Jokowi Tunjuk Luhut Menhub Ad Interim


RAPAT KABINET. Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) saat mengikuti rapat terbatas tentang Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertahanan Sumatera Utara di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (11/3). (FOTO: Biro Pers Setpres/JPNN.com)

NASIONAL

Budi Karya Sumadi Positif Covid-19, Jokowi Tunjuk Luhut Menhub Ad Interim


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif tertulari virus korona atau Covid-19. Kebenaran kabar tersebut disampaikan langsung Dr. Budi, Perwakilan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (14/3) malam.

Budi memastikan bahwa informasi ini pihaknya sampaikan sudah atas izin keluarga. “Atas izin keluarga, maka kami sampaikan pasien nomor 76 positif korona,” sebut Dr Budi.

Sementara, Mensesneg Pratikno yang mendampingi Dr. Budi juga membenarkan bahwa Menhub positif korona. Pratikno menjelaskan bahwa kinerja Menhub memang sangat rentan tertulari virus korona.

“Pak Menhub positif, dengan tugas kementerian perhubungan dan penyediaan fasilitas serta fungsi-fungsinya, sekali lagi, keterlibatan beliau luar biasa,” sebut Pratikno.

Sebelumnya, Menhub dalam dua minggu terakhir jarang terlihat di lingkungan tempat dia bekerja.

Mantan Dirut AP II itu juga tidak terlihat menghadiri agenda-agenda penting, di mana dia seharusnya menjadi narasumber bersama menteri lain.

Agenda terakhir yang diwakilkan yakni pada Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat, Senin (2/3) dan menjadi pembicara pada Infrastruktur Outlook 2020, pada Senin (9/2) di Kementerian Keuangan.

Budi Karya Sumadi juga sempat mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (11/3).

Pria yang akrab disapa BKS itu menghadiri rapat terbatas dengan topik Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertahanan Sumatera Utara. Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri hadir dalam rapat terbatas itu.

Dari foto yang diambil oleh Biro Pers Sekretariat Negara, saat rapat BKS duduk bersebelahan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang berada di sebelah kirinya. Di sebelah kanannya ada Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa.

Rapat itu juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ada juga Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, tampak juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Luhut Menhub Ad Interim

Agar fungsi pelayanan di Kemenhub tidak terganggu, Presiden Jokowi menunjuk Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) ad interim.

Luhut untuk sementara waktu menggantikan Budi Karya Sumadi yang tengah dirawat karena positif Covid-19.

“Presiden telah mengangkat Menteri Perhubungan ad interim, dalam hal ini menteri yang mengkoordinatori yaitu Menko Kemaritiman dan Investasi (Luhut Binsar Panjaitan) sebagai ad interim sehingga fungsi kementerian tidak terganggu,” ujar Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3).

Terkait penunjukkan Luhut sebagai Menhub ad interim, sebelumnya pada Jumat (13/3), Luhut memang nampak datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, pada petang hari.

Namun Luhut bergegas masuk menuju Istana menemui Presiden tanpa memberikan keterangan apa pun kepada awak media. (chi/tan/jpnn)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top