Kunker ke Sikka, Kapolda NTT Sempatkan Waktu Kunjungi Pasien DBD di RS TC Hillers | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunker ke Sikka, Kapolda NTT Sempatkan Waktu Kunjungi Pasien DBD di RS TC Hillers


SENYUM. Kapolda NTT, Irjen Pol. Hamidin memberi senyuman saat menjenguk seorang anak, pasien DBD di RSUD dr. TC. Hillers Maumere, Sabtu (14/3). (FOTO: Karel Pandu/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kunker ke Sikka, Kapolda NTT Sempatkan Waktu Kunjungi Pasien DBD di RS TC Hillers


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Hamidin disela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sikka, menyempatkan diri mengunjungi Rumah Sakit Umum dr. TC. Hillers Maumere dan melihat langsung bagaimana penanganan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah itu, Sabtu (14/3).

Sebagaimana disaksikan TIMEXKUPANG.com, Irjen Pol. Hamidin yang didampingi Kabid Propam Polda NTT, Kombespol Agus Suryono, Karorena Polda NTT, Kombespol Rd. Junaedi Supri, serta Kapolres Sikka AKBP Sajimin, SIK mengujungi ruang anak yang merawat pasien DBD.

Usai mengunjungi para pasien DBD, kepada awak media di Maumere, Irjen Hamidin mengatakan bahwa DBD dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing.

“Cara untuk mencegah DBD adalah dengan menjaga lingkungan supaya selalu bersih. Jangan biarkan sampah menumpuk di sekitar rumah atau halaman,” imbau Hamidin.

Hamidin juga mengaku bahwa anggotanya di jajaran Polres Sikka juga aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui kerja bakti massal dengan tujuan memberantas jentik-jentik nyamuk penyebab DBD.

Hamidin mengaku mendapat laporan bahwa jumlah kasus DBD di Sikka terus menurun. Namun apabila ada peningkatan DBD maka dirinya siap memberikan bantuan dengan mengirimkan tim kedokteran dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda NTT.

Dalam kunjungan itu, lanjut Kapolda Hamidin, ia juga memberikan bantuan berupa kelambu sebanyak 70 buah dan sejumlah reket nyamuk kepada keluarga pasien DBD.

Hamidin mengaku prihatin melihat pasien DBD yang didominasi oleh anak-anak. “Saya prihatin melihat kondisi anak-anak yang mengalami DBD. Mereka seperti sulit berinteraksi apa lagi dalam kondisi diinfus,” ungkap mantan Kapolda Sulawesi Selatan ini.

“Kalau secara nasional saat ini tengah dihadapi dengan adanya virus korona. Namun di Sikka kita menghadapi KLB DBD. Oleh karena itu kita harus tanggulangi dan menjaganya secara bersama-sama agar tidak terus bertambah kasusnya,” tandas Hamidin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlimus yang ikut mendampingi Kapolda Hamidin mengunjungi RSU dr. TC Hillers Maumere mengatakan, jumlah kasus DBD di Sikka sempat menembus angka 1.312 kasus. Dari jumlah itu, pasien yang sembuh mencapai 1.204 orang. Kini tersisa 94 orang pasien yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Sikka. Diantaranya RSUD TC. Hillers sebanyak 68 orang, RS. Kewapante 22 orang dan RS. Elisabeth Lela sebanyak 4 orang.

“Jumlah kasus DBD di Sikka sudah menurun. Dibanding sebelumnya yang meningkat drastis bahkan mencapai 1.312 kasus,” kata Petrus.

Bupati Sambut Kapolda NTT secara Adat

Sebelumnya, saat tiba di Bandara Frans Seda Maumere, Sikka, Jumat (13/3) petang, Kapolda NTT, Irjen Pol. Hamidin disambut dengan acara adat oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo. Bupati sempat mengalungkan selembar tenun khas Sikka kepada Kapolda saat mendarat di Bandara Frans Seda. Turut mendampingi Bupati, unsur Forkopimda Sikka dan sejumlah pejabat juga tokoh masyarakat setempat.

Bupati bersama unsur Forkopimda Sikka menyambut hangat Kapolda NTT yang datang bersama sang istri, Ketua Bayangkara Polda NTT, Ny. Julachmi.

Dalam kunjungan kerjanya di Sikka, Kapolda NTT melakukan tatap muka bersama Bupati dan unsur Forkopimda Sikka, mengunjungi Mako Polres Sikka, dan mengunjungi RSU dr. TC. Hillers Maumere pada Sabtu (14/3). (Kr5)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top