DPR Desak Pemerintah Gratiskan Biaya Tes dan Pengobatan Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

DPR Desak Pemerintah Gratiskan Biaya Tes dan Pengobatan Covid-19


Ketua DPR RI, Puan Maharani. (FOTO: Miftahul Hayat/JawaPos.com)

NASIONAL

DPR Desak Pemerintah Gratiskan Biaya Tes dan Pengobatan Covid-19


Hasil Tes, Wapres Negatif Covid-19

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung sistem penanggulangan virus corona (Covid-19) dengan menerapkan isolasi terbatas dan karantina wilayah. Langkah itu sudah berdasarkan UU No 6 tahun 2018 tentang Karantina.

Langkah-langkah yang sudah diatur, antara lain, seperti meliburkan sekolah dan menggantinya dengan sistem belajar online, meminta masyarakat membatasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan keramaian massa.

“Kita menyarankan warga untuk bekerja dari rumah serta bentuk-bentuk aktivitas lain yang mendukung ‘social distancing’,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com di Jakarta, Senin (16/3).

Puan menyadari bahwa ke depan perlu segera diperkuat regulasi tentang wabah penyakit khususnya revisi terhadap UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

“Diharapkan dengan revisi UU tersebut memberikan landasan hukum yang cukup bagi pemerintah dalam mengambil tindakan pencegahan dan penanganan wabah penyakit secara efektif,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta pemerintah segera meningkatkan dukungan yang diperlukan bagi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk penanganan COVID-19.

Langkah itu menurut dia termasuk menggratiskan biaya pengobatan dan biaya tes specimen, bagi mereka yang terpapar virus korona.

Hasil Tes Covid-19 Wapres Negatif

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin telah menjalani rangkaian tes Covid-19 dan hasilnya menunjukkan negatif. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.

“Pak Wapres dinyatakan sehat. Beliau sudah menjalani tes, dan hasilnya dinyatakan negatif,” kata Masduki melalui sambungan telepon, Senin (16/3).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menjalani pemeriksaan kesehatan setelah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Jokowi meminta seluruh jajaran menterinya mengecek kesehatan terkait COVID-19. Jokowi pun akan menjalani tes yang sama sore ini.

“Iya sore ini,” jawab Jokowi singkat melalui video yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3).

Sedari pagi tadi, jajaran menteri kabinet disebut Jokowi sudah dicek. Namun, untuk hasilnya, Jokowi meminta hal itu ditanyakan langsung ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Terakhir kali Budi Karya terlihat menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta adalah pada Rabu, 11 Maret 2020.

Pada saat rapat tersebut, Wapres Ma’ruf tidak hadir karena melakukan perjalanan dinas ke Lombok dan Solo di hari yang sama.

“Pak Wapres pada rapat hari Rabu itu tidak hadir, karena ada di Lombok dan Solo, jadi memang beliau tidak ada kontak dengan Pak Budi Karya,” katanya.

Masduki menambahkan Wapres Ma’ruf tetap bekerja menjalankan tugas-tugas pemerintahan, antara lain mengikuti rapat terbatas melalui telekonferensi dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top