Kasus DBD di Sikka Terus Menurun, Ini Jumlah Pasien yang Masih Dirawat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kasus DBD di Sikka Terus Menurun, Ini Jumlah Pasien yang Masih Dirawat


Kadis Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus. (FOTO: Karel Pandu/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kasus DBD di Sikka Terus Menurun, Ini Jumlah Pasien yang Masih Dirawat


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus mengatakan, data terkini kejadian luar biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) di kabupaten itu hingga Minggu (15/3) berjumlah 1.332 kasus. Dari jumlah itu, yang meninggal sebanyak 14 orang.

Sementara yang masih dirawat sebanyak 87 orang. Rinciannya, yang dirawat di RSU dr. T. C. Hillers Maumere sebanyak 59 orang, RS Kewapante (24 orang), dan RS Lela sebanyak 4 orang. Sementara yang sembuh mencapai 1.231 orang.

“Saat ini kasus DBD di Sikka cendrung menurun. Hal itu terbukti semakin berkurangnya pasien yang dirujuk ke rumah sakit,” jelas Petrus kepada Timor Express, Minggu (15/3) siang.

Petrus menambahkan, peningkatan pasien DBD terjadi pada bulan Februari sampai awal Maret. Namun setelah adanya gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara serentak maka kasus DBS berangsur-angsur menurun.

“Hingga saat ini jumlah pasien DBD terus menurun. Penurunan kasus DBD itu setelah adanya gerakan PSN,” jelas Petrus.

Petrus berharap, masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan setiap hari. Selalu membersihkan tempat-tempat penampungan air agar tidak menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk penyebab DBD. Selain itu sampah-sampah plastik dibakar atau dikuburkan.

Sebelumnya, Bupati Sikka Fransiskus Roberti Diogo mengatakan bahwa dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dupastikan akan terhindar dari DBD.

Menurutnya gerakan PSN harus tetap digalakkan oleh seluruh lapisan maayarakat kabupaten Sikka. Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan maka nyamuk tidak akan bertahan lama hidup ditempat yang bersih.

“Warga masyarakat harua secara sadar menjaga kebersihan lingkungannya. Kita harus bertekad memerangi DBD, dimulai dari rumah kita masing- masing,” harap bupati yang akrab disapa Robi itu. (Kr5)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top