Mendagri dan Menkeu Keluarkan Aturan Soal APBD Terkait Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mendagri dan Menkeu Keluarkan Aturan Soal APBD Terkait Covid-19


Menkeu, Sri Mulyani (kiri) dan Mendagri Tito Karnavian usai membahas perubahan mekanisme pembayaran dana BOS, di Jakarta, Senin (10/2/2020). (FOTO: Humas Kemendikbud/JPNN.com)

NASIONAL

Mendagri dan Menkeu Keluarkan Aturan Soal APBD Terkait Covid-19


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Mengantisipasi mewabahnya virus korona atau Covid-19, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengeluarkan dua peraturan terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Peraturan itu mengenai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2020 dan Perturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020.

“Intinya adalah daerah dapat melaksanakan visi remunerasi APBD dengan fokus untuk meningkatkan kapasitas di bidang kesehatan, baik dalam rangka peningkatan kapasitas rumah sakit atau sesuai standar penanganan isu Covid-29 atau corona virus dan juga kampanye-kampanye pencegahan,” kata Tito di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (16/3).

Selain itu, aturan itu dibuat juga untuk meningkatan daya tahan ekonomi masyarakat terutama masyarakat yang rentan. Tito menyebut, masyarakat yang rentan ekonominya dapat diberikan bantuan makanan maupun sosial.

“Meningkatkan daya tahan ekonomi masyarakat terutama masyarakat yang rentan, yang belum mampu diberikan bantuan,” ucap Tito.

Tito pun mengharapkan, dunia usaha tetap bergerak. Sehingga ekonomi di Indonesia tetap berjalan di tengah mewabahnya virus korona.

“Terutama kepada pengusaha UMKM dan pengusaha-pengusaha mikro. Ini agar dibantu baik dalam bentuk kebijakan, maupun dalam bentuk bantuan lainnya. Sehingga usaha bisa tetap berjalan dan tetap menjalankan roda keonomi di daerah masing-masing,” pungkasnya. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top