87 Siswa SMK-PP Negeri Kupang Ikut UNBK Tahun 2020, Peserta Dibagi 3 Sesi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

87 Siswa SMK-PP Negeri Kupang Ikut UNBK Tahun 2020, Peserta Dibagi 3 Sesi


SERIUS. Tampak para siswa tengah mengisi jawaban pada layar komputer yang tersedia di Laboratorium Multimedia sekolah itu, Senin (16/3). (FOTO: Dok. Humas SMK-PP Negeri Kupang)

PENDIDIKAN

87 Siswa SMK-PP Negeri Kupang Ikut UNBK Tahun 2020, Peserta Dibagi 3 Sesi


OELAMASI-Sebanyak 87 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak Senin (16/3).

Sebagaimana disaksikan, dengan UNBK ini para siswa mengisi jawaban ujian langsung dengan mengoperasikan komputer (Computer Based Test), bukan pada kertas (Paper Based Test).

Humas SMK-PP Negeri Kupang dalam keterangan tertulisnya kepada media ini menyebutkan, mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK ini ialah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Teori Kejuruan. UNBK berlangsung selama empat hari, yakni 16 – 19 Maret 2020.

“Tujuan UNBK ini adalah mengukur ketercapaian kompetensi siswa ditinjau dari beberapa mata pelajaran yang sudah ditetapkan dalam proses pembelajaran,” terang Wakil Kepala Sekolah Bidang Pengajaran, I. S. Molek Malelak, SP, M.Pd.

Menurut Molek, UNBK ini dikenal memiliki kelebihan dibandingkan ujian nasional berbasis tes tulis atau kertas. Kelebihan itu ialah tingkat kebocoran soal yang rendah sehingga siswa-siswi terdorong berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat nilai gemilang.

“UNBK ini juga lebih efisien, sebab menghemat waktu saat pengisian serta tidak menggunakan kertas. Sistemnya juga langsung terintegrasi dengan aplikasi pendidikan seperti Dapodik, e-Raport, dan lain-lain,” ungkap Molek.

Molek menyebutkan, di SMK-PP Negeri Kupang, UNBK ini dilaksanakan di Laboratorium Multimedia. Dengan fasilitas yang ada, tiap kelas dijadwalkan untuk melaksanakan ujian pada jam yang berbeda.

Tiga kelas yang ada di SMK-PP Negeri Kupang pun dibagi menjadi 3 sesi ujian. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WITA, sesi kedua pada pukul 10.30 WITA, dan sesi ketiga pada 14.00 WITA. (*/ikl/aln)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top