Bupati TTU Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD di Desa Nian | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati TTU Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD di Desa Nian


TINJAU LOKASI. Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes bersama Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi dan Pimpinan Forkopimda saat meninjau lokasi sasaran TMMD 107 di Desa Nian, Kecamatan Miomaffo Tengah, Senin (16/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati TTU Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD di Desa Nian


Bersama Forkopimda Tinjau Sasaran TMMD 107

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat melakukan peninjauan sasaran kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Di Desa Nian, Kecamatan Miomaffo Tengah, Senin (16/3).

Dalam peninjauan itu, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes bersama Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi, Ketua DPRD TTU, Hendrikus Bana, Kejari TTU Bambang Sunardi, Ketua PN Kelas II Kefamenanu, I Putu Siyoga, Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas dan pimpinan OPD di TTU melihat langsung beberapa sasaran fisik dari TMMD 107.

Bupati Raymundus kepada Timor Express, Senin (16/3) menuturkan, pemerintah daerah selalu mendukung penuh pelaksanaan kegiatan TMMD dari Kodim 1618/TTU yang dilaksanakan sekali setiap tahun di TTU.

Dikatakan, dukungan pemerintah daerah itu dinyatakan dengan adanya alokasi anggaran yang dibebankan melalui Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) TTU melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) senilai Rp 1 miliar setiap tahun.

“Kita setiap tahun selalu mendukung kegiatan TMMD. Untuk itu kita dari Pemda alokasikan sebagian dana APBD dan tahun ini sangat luar biasa, kita harapkan bukan saja kegiatan fisik tetapi perlu juga pembangunan manusianya soal rasa nasionalisme ideologi Pancasila sehingga masyarakat kita memahami dengan baik,” tutur Raymundus. “Saya berharap masyarakat Desa Nian juga ikut mendukung dan menyukseskan kegiatan TMMD ini,” harap Raymundus.

Sementara, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi kepada Timor Express, Selasa (17/3) mengatakan, pelaksanaan TMMD dilakukan dalam tiga aspek diantaranya aspek inspirasi yakni sesuai hasil Musrembangdes tahun 2019 lalu.

BACA JUGA: Satgas TMMD 107 dan Warga Berhasil Tuntaskan Pondasi Kapela Nian

BACA JUGA: Dandim 1618/TTU Butuh Peran Aktif Masyarakat Sukseskan TMMD 107 di Desa Nian

Roni menambahkan, pelaksanaan TMMD 107 itu juga berpatokan pada aspek skala prioritas karena pernah didirikan kapela disini tetapi kekurangan dana sehingga tidak dilanjutkan kemudian dibongkar kembali.

Selain itu juga, lanjut Roni, aspek strategis karena masyarakat Desa Nian akan menikmati sarana ibadah yang baru karena semula mereka laksanakan ibadah di tempat lain seperti di Gereja Bijaepasu yang jaraknya cukup jauh sekira 5-6 kilomter ditempuh dengan berjalan kaki.

“Jadi tiga aspek tadi sudah mencerminkan lokasi pelaksanaan TMMD 107 di Desa Nian bisa bermanfaat, selain pembangunan kapela ada juga pembuatan rabat jalan sepanjang 250 meter dimana jalur tersebut bisa dilalui oleh siswa SMP dan para guru dengan baik ketika sudah selesai dibangun,” jelasnya.

Kepala Desa Nian, Agustinus Kono Toan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung percepatan pembangunan di Desa Nian, Kecamatan Miomaffo Tengah melalui Kegiatan TMMD 107 yang dilaksanakan oleh Kodim 1618/TTU.

Dikatakan, Pemerintah Desa Nian bersama masyarakat setempat bersedia membantu tim dari Satgas TMMD 107 dalam pelaksanaan sejumlah item kegiatan baik itu kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik. Pelaksanaan TMMD di Desa Nian pula sebagai wujud nyata dalam menggali kembali nilai gotong royong yang mulai tergerus arus modernisasi.

“Kami sangat berterimakasih karena Pemerintah Daerah sudah mendukung percepatan pembangunan di Desa Nian melalui TMMD. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1618/TTU yang telah memilih Desa Nian sebagai sasaran TMMD,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top