Cegah Penyebaran Covid-19, RSUPP Betun Tiadakan Jam Besuk Pasien | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Penyebaran Covid-19, RSUPP Betun Tiadakan Jam Besuk Pasien


KABAR FLOBAMORATA

Cegah Penyebaran Covid-19, RSUPP Betun Tiadakan Jam Besuk Pasien


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Manajemen Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan (RSUPP) Betun, Kabupaten Malaka mengambil langkah menangkal penyebaran virus Korona (Covid-19) dengan membatasi atau meniadakan jam besuk/berkunjung pasien di rumah sakit itu.

“Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di RSUPP Betun maka dengan ini sesuai instruksi Nomor RSUPP.445/22/INS/III/2020, bahwa terhitung sejak 17 Maret 2020, kepada seluruh staf, khususnya seluruh pengunjung rumah sakit bahwa jam kunjung pasien ditiadakan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan,” ungkap Direktur RSUPP Betun, dr. Oktelin Kurniawati Kaswadie, kepada awak media di Betun, Senin (16/3).

Dokter Oktelin dalam suratnya itu menekankan lima poin penting terkait kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19. Pertama, melakukan screening kepada semua orang termasuk petugas yang hendak memasuki area rumah sakit dengan pengukuran suhu tubuh dan cuci tangan. Kedua, memberlakukan akses satu pintu bagi siapa saja yang hendak masuk ke area RSUPP Betun, yaitu melalui gerbang depan pos satpam. Ketiga, meniadakan jam kunjung pasien untuk sementara waktu sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Keempat, penunggu pasien hanya diperbolehkan satu orang dan sudah dipastikan telah melakukan proses screening. Kelima, menonaktifkan sementara absen finger print dan dialikan ke absen manual.

“Instruksi ini diumumkan dan diinformasikan kepada semua masyarakat Malaka demi kebaikan bersama,” ujar dr. Oktelin.

Dokter Oktelin menambahkan, saat ini pihaknya sudah menyediakan wastafel untuk cuci tangan wajib bagi semua yang masuk areal rumah sakit tepatnya di pintu gerbang masuk. Selain itu juga, screening suhu terhadap petugas RSUPP sudah dilakukan setelah apel Senin (16/3) pagi jam 07.30 Wita.

Salah seorang warga Malaka, Elviana Abuk Seran kepada Timor Ekspres, Senin (16/3) menyatakan mendukung apa yang dilakukan manajemen RSUPP Betun, dimana untuk antisipasi penyebaran virus Corona ini, karena seperti diketahui bahwa virus ini penyebaranya sangat cepat dan mematikan.

“Terbukti sudah ribuan orang yang meninggal. Ini rumah sakit sehinga segala macam penyakit ada. Jadi sangat tepat instruksi larangan seperti itu dari Direktur RSUPP Betun,” kata Evi sambil berharap pemerintah Malaka melakukan langkah antisipasi dengan menyemprotkan disinfektan maupun pembersihan di tempat-tempat umum. (mg30)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top