Sikapi Ancaman Covid-19, Bupati Malaka Keluarkan 7 Imbauan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sikapi Ancaman Covid-19, Bupati Malaka Keluarkan 7 Imbauan


Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH (FOTO: Pisto Bere/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Sikapi Ancaman Covid-19, Bupati Malaka Keluarkan 7 Imbauan


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH mengeluarkan tujuh imbauan menyikapi ancaman pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) untuk melindungi warganya.

Sebagai daerah otonomi yang berada di wilayah perbatasan negara, dr. Stef meminta seluruh masyarakat Malaka untuk selalu menjaga kebersihan, mengedepankan pola hidup bersih. Seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN dilarang melakukan kegiatan dinas di luar daerah, kecuali untuk suatu urusan yang benar-benar penting atau urgen.

“Kita mengeluarkan beberapa aturan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk perjalanan dinas ke luar daerah dilakukan secara selektif,” ungkap Bupati dr. Stef Bria Seran kepada wartawan di Betun, Selasa (17/3).

Berikut tujuh imbauan Bupati Malaka:

1. Menjaga kebersihan diri, keluarga, lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
2. Bila sakit flu disertai dengan batuk dan demam, segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan serta berusaha untuk tidak berada di kerumunan seperti pasar, pesta, dan sebagainya.
3. Beristirahat, makan secara teratur serta banyak minum air.
4. Hindari bila bertemu keluarga atau teman untuk tidak berciuman, tidak berjabat tangan, cukup beri salam saja degan gerakan-gerakan tangan atau gerakan badan saja.
5. Masyarakat tidak perlu panik dan terpengaruh dengan berita-berita hoaks yang meresahkan masyarakat.
6. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan
7. Kepada masyarakat, melakukan aktivitas seperti biasa tanpa ada ketakutan yang berlebihan yang dapat mempengaruhi dinamika kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat tetap jaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” tandas dr. Stef.

Bupati juga mengingatkan masyarakat agar jangan gampang percaya dengan berita-berita bohong atau hoaks yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Salah seorang warga Malaka, Fabianus Bria menyatakan, imbauan yang dikeluarkan pemerintah daerah merupakan kebijakan yang baik demi kenyamanan bersama, dan harus dipatuhi seluruh warga Malaka demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan terkait ancaman pandemi Covid-19 ini.

“Kita tetap menjaga sanitasi lingkungan. Imbauan Pemerintah dalam hal ini Bupati Malaka sangat baik, dan perlu dilaksanakan oleh masyarakat Malaka,” katanya.

Menurutnya, ini bukan hanya para pemimpin yang harus tegas tetapi semua masyarakat harus tegas pada dirinya sendiri dan tetap mawas diri, juga ikut menjaga lingkungan, baik di dalam keluarga maupun lingkungan sekitar. (mg30)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top