Tambah 38 Kasus Baru, Ada Pasien Positif Covid-19 di Jatim dan Kepri | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tambah 38 Kasus Baru, Ada Pasien Positif Covid-19 di Jatim dan Kepri


Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto. (FOTO: JawaPos.com)

NASIONAL

Tambah 38 Kasus Baru, Ada Pasien Positif Covid-19 di Jatim dan Kepri


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kasus Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hari ini, Selasa (17/3), terdapat tambahan 38 kasus baru pasien positif Covid-19. Sehingga totalnya menjadi 172 kasus yang positif di Indonesia.

Dari jumlah itu, ditemukan kasus baru pasien virus korona dari Jawa Timur. Hasil ini didapati dari pengecekan yang dilakukan Universitas Airlangga bersama Kementerian Kesehatan di Jawa Timur.

“Ada tambahan kasus baru dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (17/3).

Yurianto menyebutkan, ada 6 spesimen positif hasil pemeriksaan yang dilakukan Universitas Airlangga, Jawa Timur. Sejauh ini, Universitas Airlangga saat ini sudah melaksanakan fungsinya. Yakni mengirimkan hasil pemeriksaan spesimennya.

“Ini akan memperpendek jarak pemeriksaan dan pengiriman dari rumah sakit ke laboratorium. Unair sudah membantu kita mulai sekarang,” katanya.

Ke depan, lanjut Yurianto, tak hanya dari Unair saja, tetapi akan ada juga bantuan pemeriksaan spesimen dari laboratorium Eijkman, laboratorium Universitas Indonesia. Serta dari berbagai Balai Besar Teknologi Kesehatan Lingkungan serta Balai Libtang Kesehatan Kementerian Kesehatan.

“Lalu akan ada Jogjakarta dan Banjar Baru. Universitas lainnya kami dorong juga lakukan pemeriksaan spesimen,” katanya.

Spesimen yang sudah diperiksa sejauh ini yakni sebanyak 2.300 spesimen. Artinya sudah ada 2.300 orang yang dilakukan swab dahaknya. Hari ini saja ada 50 orang diperiksa.

“Kami bergerak cepat. Karena fasilitas laboratorium makin banyak. Kit-nya sudah kami terima 10 ribu kit. Dinamika ini terus berjalan. Kita beli dari luar, enggak ada masalah dengan itu,” tandasnya.

Yurianto menambahkan, data hasil pemeriksaan sampai Senin (16/3) sore, sebaran paling banyak masih DKI Jakarta.

Menurut Yurianto, semua pasien dipastikan dalam kondisi stabil. Dan beberapa pasien dilaporkan membaik.

“Secara umum kondisi pasien yang dirawat sudah membaik. Masih ada beberapa lagi yang tinggal menunggu pemeriksaan kedua. Yang pertama sudah negatif. Maka tinggal tunggu yang sembuh lagi,” jelasnya.

Kasus kematian Covid-19 hingga saat ini sebanyak 5 orang. Jumlah yang sembuh sebanyak 9 orang. Kemarin terakhir pasien 1, 2, dan 3 asal Depok sudah dipulangkan dan sudah dinyatakan sembuh. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top