Layanan Nasabah Tetap Jalan, Ini Daftar Bank yang Terapkan WFH | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Layanan Nasabah Tetap Jalan, Ini Daftar Bank yang Terapkan WFH


ILUSTRASI. Anjungan Tunai Mandiri sejumlah bank nasional. Bank-bank ini menerapkan WFH terkait Covid-19. (FOTO: Dok. JawaPos.com)

BISNIS

Layanan Nasabah Tetap Jalan, Ini Daftar Bank yang Terapkan WFH


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah telah menginstruksikan agar seluruh instansi menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Langkah ini ditempuh dalam rangka meminimalisasi penyebaran virus korona melalui pembatasan aktivitas dalam kerumunan atau interaksi sosial.

Sejumlah perbankan nasional seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) telah menerapkan WFH. Ini dilakukan guna melindungi kesehatan, keamanan, dan kenyamanan karyawan, nasabah, mitra kerja, serta masyarakat luas.

Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, selain WFH pihaknya juga menerapkan metode pemisahan lokasi kerja (split operation).

“Seiring dengan transformasi digital BCA, saat ini nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi melalui solusi perbankan digital yang disediakan, seperti BCA mobile, internet banking, dan channel digital lainnya,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (18/3).

Sementara itu, Coorporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan WFH diterapkan untuk beberapa wilayah, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Semarang, dan Manado. Pekerja juga diminta self isolation selama WFH dari 17-31 Maret 2020 (14 hari).

“Kami meminta kepada pekerja yang melaksanakan WFH, agar tetap tinggal dan melaksanakan tugas di rumah masing-masing dengan menghindarkan diri dari titik-titik keramaian publik serta tidak melakukan perjalanan keluar kota,“ ungkap Amam.

Amam mengklaim, dengan infrastruktur teknologi yang memadai, perseroan sangat siap melaksanakan program ini. Layanan perbankan tetap berjalan seperti biasanya yakni dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

BRI menerapkan thermo screening atau pemindai suhu tubuh di seluruh unit kerja operasional BRI di wilayah terdampak. Kemudian, menginstruksikan para frontliner dan pekerja yang langsung berinteraksi dengan nasabah untuk menggunakan hand sanitizer.

Corporate Secretary BNI Meiliana mengatakan, pihaknya menetapkan tiga penyesuaian sistem kerja yaitu Split Operation, Shift Operations, dan WFH. Split dan Shift Operation diberlakukan untuk fungsi yang terkait dengan operasional utama dan layanan perbankan.

Sementara itu, posisi lainnya diterapkan sistem WFH. Untuk diketahui, sistem ini hanya diterapkan pada daerah yang telah ditetapkan sebagai daerah dengan kondisi risiko tinggi.

Langkah ini diharapkan turut menekan laju penyebaran virus korona atau yang dikenal sebagai Covid-19 di pusat-pusat penyebarannya, termasuk di DKI Jakarta dan sekitarnya. Meiliana juga menegaskan bahwa pelayanan perbankan dapat tetap dinikmati oleh nasabah dan masyarakat.

Nasabah dapat memanfaatkan electronic channel yang telah dikembangkan oleh BNI selama 24 jam per 7 hari. Sama halnya dengan BNI, Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menyarankan nasabah dapat menggunakan aplikasi Mandiri Online terbaru yang dapat melayani berbagai kebutuhan transaksi keuangan nasabah.

Adapun cabang-cabang Bank Mandiri, lanjut Rully, tetap beroperasi normal yakni dari pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Bahkan, seiring dengan transformasi digital Bank Mandiri, saat ini masyarakat luas juga dapat melakukan pembukaan rekening tabungan di manapun, tanpa harus datang ke kantor bank maupun bertemu dengan staf perbankan di Bank Mandiri. “Semua keperluan untuk pembukaan tabungan dapat dilakukan dengan video call,” pungkasnya. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top