Mudahkan Masyarakat, PN Kelas II Kefamenanu Terapkan Pelayanan Berbasis Online | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mudahkan Masyarakat, PN Kelas II Kefamenanu Terapkan Pelayanan Berbasis Online


PELAYANAN MAKSIMAL. Petugas PN Klas II Kefamenanu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan dari lembaga hukum tersebut dengan sistem yang sudah berbasis online. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Mudahkan Masyarakat, PN Kelas II Kefamenanu Terapkan Pelayanan Berbasis Online


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pengadilan Negeri (PN) Klas II Kefamenanu mulai menerapkan pelayanan berbasis informasi teknologi atau sistem online dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah kerja pengadilan setempat.

Pelayanan berbasis IT itu mulai berlaku sejak awal Maret 2020 ini. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan kenyamanan terhadap masyarakat pencari keadilan.

Ketua PN Klas II Kefamenanu, I Putu Suyoga kepada Timor Express, Rabu (18/3) menuturkan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pelayanan Berbasis Teknologi saat ini sudah menjadi sasaran dari setiap lembaga negara di Republik Indonesia. Akses-akses pelayanan yang dikedepankan adalah memberikan pelayanan yang mudah, cepat, akuntabel dan profesional.

Dikatakan, Mahkamah Agung (MA) sebagai penyelenggara negara dalam melaksanakan kekuasaan kehakiman selalu berupaya memberikan suatu jaminan pelayanan yang berkeadilan dengan mengedepankan informasi teknologi atau berbasis online.

“PN Kefamenanu Kelas II sebagai Penyelenggara Kekuasaan kehakiman pada tingkat pertama di Kabupaten TTU telah menerapkan sistem pelayanan berbasis informasi terknologi atau online sehingga dapat memberikan suatu pelayanan yang berkeadilan,” tutur Suyoga.

Adapun layanan berbasis informasi Teknologi yang sudah diterapkan PN Klas II Kefamenanu diantaranya untuk pengguna pengadilan dapat memberikan informasi dalam hal tidak tersangkut Satu Perkara Pidana maupun Perdata, Pengesahan Pendaftaran Akta Pendirian Venootschap Onder Firma (FA), Comanditaire Venootschap (CV), Perusahaan Perseorangan dan Surat Kuasa.

Selain itu juga, kata Suyoga, PN Klas II Kefamenanu memberikan pelayanan izin penyitaan, penggeledahan dan perpanjangan penahanan dan mengeluarkan surat keterangan ahli waris khusus dalam hal mengurur harta pewaris serta memberikan Kesempatan kepada mahasiswa, instansi dan umum untuk melakukan penelitian.

Sementara untuk pencari keadilan, tambah Suyoga, PN Kefamenanu mengadili perkara pidana yang dilimpahkan kejaksaan dan penyidik, memeriksa dan memutuskan perkara permohonan dan gugatan serta menerima pengajuan upaya hukum.

“Dalam berbagai pelayanan itu, kita sudah terapkan pola pelayanan secara online atau berbasis informasi teknologi dengan prinsip One Day Service sehingga masyarakat dengan mudah mengakses semua jenis pelayanan dari PN Kefamenanu,” urai Suyoga.

Suyoga menjelaskan, Beberapa sarana yang digunakan untuk memaksimalkan pola pelayanan berbasis Informasi Teknologi diantaranya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kios Informasi dan Pojok e-Court.

Menurut Suyoga, sarana yang digunakan saat ini sudah memenuhi standar secara nasional sehingga masyarakat Kabupaten TTU bisa dapat memanfaatkan beberapa sarana tersebut apabila menggunakan layanan PN Klas II Kefamenanu.

“Pola pelayanan yang digunakan saat ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses segala bentuk layanan dari PN Kefamenanu kelas II. Kita berharap masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya pola pelayanan berbasis informasi Teknologi ini,” pungkasnya.

Sementara, Richardus Saunoah, warga Desa Oemanu, Kecamatan Biboki Anleu yang ditemui Timor Express saat mengurus surat keterangan bebas Pidana mengapresiasi kinerja PN Klas II Kefamenanu yang dengan ramah dan cepat membantunya mengurus surat keterangan itu.

Ia berharap, pola pelayanan yang sama untuk dirinya juga dapat diterapkan kepada masyarakat lainnya sehingga tingkat kepercayaan masyarakat akan PN Kefamenanu semakin tinggi.

“Saya sangat berterima kasih karena urus surat keterangan bebas pidana begitu cepat dan telah selesai dalam waktu yang singkat. Ini sungguh luar biasa,” pujinya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top