Paket AYO Lolos Vermin, KPU Lanjut Verifikasi Faktual | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Paket AYO Lolos Vermin, KPU Lanjut Verifikasi Faktual


SERAHKAN HASIL VERMIN: Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka didampingi Komisioner KPU TTU menyerahkan dokumen berita acara hasil vermin kepada Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati TTU Jalur Independen, Agus Talan dan Yosep Akoit dan disaksikan langsung Bawaslu TTU, di Sekretariat KPU TTU, Jumat (20/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Paket AYO Lolos Vermin, KPU Lanjut Verifikasi Faktual


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) resmi menyerahkan dokumen berita acara hasil verifikasi administrasi (Vermin) kepada bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati TTU Jalur Independen/Perseorangan, Agus Talan dan Yosep Akoit bertempat di aula Kantor KPU setempat, Jumat (20/3).

Saat penyerahan dokumen tersebut, Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati TTU dengan tagline ‘Paket Ayo’ itu resmi dinyatakan lolos vermin oleh KPU TTU terhadap jumlah syarat dukungan yang diserahkan saat mendaftar di lembaga penyelenggara Pemilu itu beberapa waktu lalu.

Sesuai data KPU TTU, dari jumlah syarat dukungan sebanyak 20.263 yang diserahkan Agus Talan dan Yosep Akoit ke KPU TTU untuk proses vermin, terdapat 18.384 surat dukungan yang dinyatakan lolos. Sedangkan 1.879 syarat dukungan dinyatakan gugur atau tidak lolos vermin.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka kepada Timor Express, di Kefamenanu, Jumat (20/3) menuturkan, pihaknya telah melakukan vermin terhadap syarat dukungan calon perseorangan yang diajukan Agus Talan dan Yosep Akoit.

Hasilnya, lanjut Paulinus, dari 20.263 syarat dukungan yang diserahkan saat pendaftaran, KPU memutuskan sebanyak 18.384 syarat dukungan dinyatakan lolos vermin.

“Kita sudah lakukan vermin untuk syarat dukungan yang diajukan oleh paket AYO. Dari hasil vermin itu KPU memutuskan bahwa paket AYO lolos vermin dengan jumlah syarat dukungan sebanyak 18.384,” ungkap Paulinus.

Paulinus menambahkan, dokumen hasil vermin tersebut telah diserahkan ke paslon bupati dan wakil bupati TTU Jalur Independen/Perseorangan maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) TTU.

Paulinus menjelaskan, dengan dinyatakan lolos vermin, pihak KPU selanjutnya mempersiapkan dokumen untuk proses verifikasi faktual guna diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui penyelenggera di tingkat kecamatan untuk melakukan verifikasi faktual.

BACA JUGA: KPU Verifikasi Administrasi Syarat Dukungan Paket AYO, Umumkan Hasil 25 Maret

“Kita sementara siapkan dokumen untuk verifikasi faktual. Verifikasi faktual akan dilakukan mulai 26 Maret sampai dengan 15 April 2020. Polanya itu sensus sehingga semua PPS di setiap Desa/Kelurahan akan dikasih dokumen untuk lakukan verifikasi terhadap setiap syarat dukungan dari wilayah setempat,” jelasnya.

Menurut Paulinus, syarat verifikasi faktual masih dimungkinkan untuk dilakukan perbaikan apabila dukungan yang akan diverifikasi itu tidak mencapai jumlah 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebelumnya.

Karena itu, lanjut Paulinus, semisal dalam verifikasi faktual nanti apabila terdapat 2.000 syarat dukungan yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, maka paslon perseorangan ini diberikan waktu untuk melakukan perbaikan dengan mengajukan syarat dukungan kelipatan dari jumlah yang dinyatakan gugur tersebut.

“Kalau verifikasi administrasi dinyatakan gugur tidak ada perbaikan lagi. Namun kalau verifikasi faktual masih diberi peluang melakukan perbaikan apabila syarat dukungan yang dimasukan tidak memenuhi ambang batas ketentuan,” jelasnya.

Bapaslon Bupati TTU Jalur Independen, Agus Talan ketika dikonfirmasi Timor Express, Jumat (20/3) menyampaikan terima kasih ke KPU dan Bawaslu TTU yang telah melakukan verifikasi administrasi terhadap syarat dukungan yang mereka ajukan.

Agus juga menyapaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten TTU di 24 Kecamatan yang telah menyerahkan syarat dukungan untuk mendukungan paket AYO bertarung dalam Pilkada TTU 2020 melalui Jalur Independen.

“Prinsipnya kami mendukung kerja dari KPU dan Bawaslu dalam melakukan verifikasi di setiap tingkatan. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat TTU yang tidak berhenti mendukung kami untuk maju dalam Pilkada TTU 2020 ini,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top