1 Warga TTU Berstatus ODP Covid-19, Sedang Ditangani RS Leona Kefamenanu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

1 Warga TTU Berstatus ODP Covid-19, Sedang Ditangani RS Leona Kefamenanu


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka. (FOTO: Petrus Usboko/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

1 Warga TTU Berstatus ODP Covid-19, Sedang Ditangani RS Leona Kefamenanu


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mengedepankan protokol WHO dan pemerintah Indonesia terhadap ancaman penyebaran pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) harus dipatuhi betul oleh seluruh warga. Khususnya di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan darat langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Pasalnya, saat ini sudah ada satu warga TTU dengan status orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19. Warga tersebut diduga memiliki gejala penyakit yang sama seperti gejala covid-19 sehingga dibutuhkan pengawasan dari tenaga medis untuk memantau aktifitas dan pola makan orang tersebut.

Informasi yang berhasil dirampung Timor Express dari sejumlah sumber terpercaya menyebutkan bahwa warga yang masih dirahasiakan identitasnya dalam daftar ODP Covid-19 itu diketahui memiliki gejala penyakit yang sama seperti Covid-19 setelah yang bersangkutan menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Leona Kefamenanu, Minggu (22/03) Malam.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka ketika dikonfirmasi Timor Express di kantor Bupati setempat, Senin (23/03) membenarkan adanya status ODP terhadap salah satu warga Kecamatan Kota Kefamenanu yang diduga memiliki gejala Covid-19.

Dikatakan, pihaknya mengetahui adanya ODP Covid-19 itu melalui call center yang telah dibentuk sebelumnya oleh Dinas Kesehatan dengan lintas sektor. ODP tersebut kini dirawat di RS Leona Kefamenanu.

“Memang benar tadi malam (Minggu, 22/3, Red) ada informasi masuk. Mereka kasih laporan ke call center. kita rencana untuk pemeriksaan kesehatan (terhadap terduga warga yang masuk ODP) secara tim bersama rumah sakit dan dinas kesehatan,” kata Thomas.

Thomas menambahkan, dalam rangka meningkatkan upaya pencegahan sekaligus pengawasan masyarakat bisa memberi laporan kepada Dinas Kesehatan melalui call center yang telah dibentuk itu.

Call center tersebut, demikian Thomas, akan menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan penyebaran virus korona dan juga cara mengecegahnya.

Untuk itu, Thomas meminta adanya keterlibatan aktif masyarakat yang mau melaporkan setiap orang yang baru pulang dari luar daerah terpapar Covid-19 sehingga dapat diawasi atau dipantau oleh tim medis.

“Nomor call center-nya itu 085333828987. Itu nomor call center Covid-19. Masyarakat bisa melaporkan kepada Dinas Kesehatan melalui call center untuk dilakukan penanganan yang baik secara medis,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top