Ada Dokter Pakai Jas Hujan, Kemenkes Kirim Puluhan Ribu APD ke Daerah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ada Dokter Pakai Jas Hujan, Kemenkes Kirim Puluhan Ribu APD ke Daerah


ILUSTRASI. Petugas medis dengan alat pelindung diri (APD) khusus untuk menangani pasien Covid-19. (FOTO: JawaPos.com/AFP/STR)

NASIONAL

Ada Dokter Pakai Jas Hujan, Kemenkes Kirim Puluhan Ribu APD ke Daerah


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendistribusikan sebanyak 10.000 alat pelindung diri (APD) kepada sejumlah rumah sakit rujukan pasien Virus Korona (Covid-19).

“APD tersebut didistribusikan sejak Sabtu malam (21/3) hingga Minggu pagi (22/3),” kata Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi dalam keterangannya, Minggu (22/3).

Kemenkes dan Gugus Tugas Covid-19 selanjutnya akan segera mendistribusikan 95.000 APD ke seluruh Indonesia demi pemenuhan kebutuhan sesuai skala prioritas. Nantinya terdapat daerah prioritas yang sangat membutuhkan APD.

“Meski akan didistribusikan ke seluruh Indonesia, tentunya gugus tugas telah memiliki daftar skala prioritas daerah mana yang sangat membutuhkan,” ucap Oscar.

Pendistribusian tersebut, lanjut Oscar, dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Terbatas (Ratas) Mengenai Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 yang diselenggarakan pada Kamis (19/03).

Dalam ratas tersebut, Presiden meminta perlindungan maksimal untuk para dokter, tenaga medis, dan jajaran yang berada di rumah sakit yang melayani pasien yang terinfeksi Covid-19.

BACA JUGA: RS TC Hillers Minim APD, Pemkab Sikka akan Tolak Pasien Rujukan dari Daerah Lain

Data sementara APD yang telah didistribusikan tahap pertama dengan jumlah 45.000 unit untuk DKI Jakarta sebanyak 35.000 unit, Bogor 5.000 unit dan Banten 5.000 unit.

Kemudian APD tahap berikutnya berikutnya dengan jumlah 50.000 unit didistribusikan untuk Jawa Barat sebanyak 15.000 unit, Jawa Tengah sebanyak 10.000 unit, Jawa Timur sebanyak 10.000 unit, Jogjakarta sebanyak 1.000 unit, Bali 4.000 unit dan untuk cadangan 10.000 unit.

Sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani ?menyesalkan banyak tenaga medis yang menangani Covid-19 di berbagai daerah, tapi minim APD. Mereka bahkan sampai menggunakan jas hujan sebagai alat pelindung diri.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menduga para tenaga medis tersebut terpaksa menggunakan jas ujan karena minimnya stok APD di sejumlah daerah.

“Kondisi sekarang cari masker saja susah. Saya komunikasi dengan teman di daerah, ada tenaga medis pakai jas ujan sebagai APD. Ini memprihatinkan,” kata Netty dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (21/3).

Oleh karena itu, Netty mendesak pemerintah untuk segera menyiapkan APD hingga ke pelosok daerah termasuk menjelaskan SOP penggunaan APD. “?Sarana prasarana kesehatan harus ditunjang oleh pemerintah,” ujar dia. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top