Cegah Penyebaran Covid-19, Pelajar SMK-PP Negeri Kupang Buat Hand Sanitizer Sendiri | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Penyebaran Covid-19, Pelajar SMK-PP Negeri Kupang Buat Hand Sanitizer Sendiri


BUAT HAND SANITIZER. Para siswi SMK-PP Negeri Kupang didampingi guru sekolah itu, drh. Luh Made Destriyana, M.Si memperlihatkan hand sanitizer yang baru saja mereka produksi. (FOTO: Humas SMK-PP Negeri Kupang)

PENDIDIKAN

Cegah Penyebaran Covid-19, Pelajar SMK-PP Negeri Kupang Buat Hand Sanitizer Sendiri


OELAMASI-Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang terus menyebar membuat semua pihak waspada. Bahkan disaat sejumlah alat pelindung seperti masker dan cairan antiseptik atau hand sanitizer sulit dicari karena minim dipasaran, membuat orang berpikir mencari alternatif lain.

Misalnya yang dilakukan para siswi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang, pada Kamis (19/3/2020), membuat hand sanitizer sendiri.

Para siswi SMK-PP Negeri Kupang Kelas XI Kompetensi Keahlian Perawatan Kesehatan Ternak membuat hand sanitizer sendiri di Laboratorium Kesehatan Hewan didampingi oleh drh. Luh Made Destriyana, M.Si.

Humas SMK-PP Negeri Kupang dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, hand sanitizer adalah larutan yang dapat membersihkan tangan dengan membunuh bakteri dan virus. Hand sanitizer pada pandemi Covid-19 atau Virus Korona ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai upaya pencegahan terjangkit virus.

Para siswi SMK-PP Negeri Kupang saat memproses pembuatan hand sanitizer, Kamis (19/3). (FOTO: SMK-PP Neg. Kupang)

Sayangnya, hand sanitizer kini sangat sulit ditemukan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kupang. Maka dari itu, siswi SMK-PP Negeri Kupang berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri.

Ternyata, pembuatan hand sanitizer sangatlah mudah. Bahan-bahannya juga relatif mudah ditemukan saat ini. Bahan-bahan yang digunakan ialah alkohol 70% 930 ml, aloe vera gel 70 ml, dan parfum bayi secukupnya.
Jessica, salah satu siswi SMK-PP Negeri Kupang yang terlibat dalam pembuatan hand sanitizer tersebut menjelaskan, bahan utama yang berfungsi sebagai desinfektan adalah alkohol.

“Aloe vera gel sendiri berfungsi sebagai pelembab, sehingga hand sanitizer tidak membuat kulit kering. Sedangkan parfum bayi ditambahkan supaya hand sanitizer wangi,” jelasnya.

Menurut Jessica, seluruh bahan kemudian dituang dalam satu wadah lalu diaduk. Kemudian, dituang pada botol atau aplikator yang ada. “Hand sanitizer pun siap untuk digunakan,” ungkapnya. (*/ikl/aln)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top