Jokowi Pastikan 105 Ribu APD Siap Didistribusi ke Berbagai Wilayah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jokowi Pastikan 105 Ribu APD Siap Didistribusi ke Berbagai Wilayah


Presiden RI, Joko Widodo. (FOTO: Istimewa)

NASIONAL

Jokowi Pastikan 105 Ribu APD Siap Didistribusi ke Berbagai Wilayah


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 105 ribu alat pelindung diri (APD), siap didistribusikan ke sejumlah wilayah penyebaran virus korona atau Covid-19 pada Senin (23/3). Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah pada hari Sabtu kemarin kita telah siap 105.000 APD, yang pada hari ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang ada di Tanah Air,” kata Jokowi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/3).

Jokowi menyebut, sebanyak 45.000 APD akan didistribusikan ke DKI Jakarta, Bogor dan Banten. Sementara itu, sebanyak 40.000 lainnya akan diberikan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Jawa Timur dan Bali.

“10.000 akan didistribusikan ke seluruh provinsi yang ada di luar Jawa, serta 10.000 sebagai cadangan,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, kelangkaan APD bukan hanya di Indonesia. Karena 180 negara di dunia saat ini berebut membutuhkan APD.

“Bahwa sekarang ini 180 negara kurang lebih semuanya berebutan untuk mendapatkan APD, baik itu masker, baik itu sanitizer semuanya,” beber Jokowi.

Untuk diketahui, APD menjadi satu permasalahan dalam penanganan Covid-19. Tenaga medis, sebagai garda terdepan dalam pengendalian virus disebut-sebut kekurangan APD.

Pasien terinfeksi korona pada Minggu (22/3) terdapat 514 kasus. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya terdapat 450 kasus. Sementara itu, sebanyak 29 orang di antaranya telah sembuh, sedangkan 48 orang meninggal dunia. Sementara 437 orang masih menjalani proses perawatan. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top