Hasil Rikkes Terhadap Satu ODP di TTU Negatif Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hasil Rikkes Terhadap Satu ODP di TTU Negatif Covid-19


Plt. Kadis Kesehatan TTU, Thomas Laka. (FOTO: Petrus Usboko/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Hasil Rikkes Terhadap Satu ODP di TTU Negatif Covid-19


Tim Medis Gabungan Tetap Pantau Selama 14 Hari

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah melakukan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) terhadap pasien yang diduga teridikasi Covid-19 yang sebelumnya di rawat di Rumah Sakit (RS) Leona Kefamenanu.

Pemeriksaan itu dilakukan tim gabungan dari Dinas Kesehatan TTU, RSUD Kefamenanu, petugas medis Puskesmas Sasi, dan perwakilan dari IDI Cabang TTU. Mereka yang melakukan pemeriksaan secara terperinci terhadap warga yang diduga menderita Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka kepada Timor Express di ruang kerjanya, Selasa (24/3) menuturkan, dari hasil pemeriksaan tim medis gabungan itu, menunjukkan bahwa pasien yang sebelumnya diduga menderita Covid-19 itu tidak benar melainkan menderita penyakit lain yang menyerupai gejala Covid-19.

“Tim yang dipimpin langsung Kabid P2HP Dinkes TTU telah melakukan pemeriksaan kepada warga yang diduga teridikasi Covid-19 itu dan hasilnya negatif,” tutur Thomas.

Thomas menambahkan, warga yang diduga menderita Covid-19 itu mengalami flu yang sudah lebih dari satu bulan sebelum virus mematikan ini mewabah di Indonesia.

Thomas menjelaskan, sesuai hasil keterangan yang dimintai tim medis gabungan dari warga tersebut menjelaskan bahwa selama ini yang bersangkutan tidak bepergian ke luar daerah bahkan luar pulau Timor dalam tiga bulan terakhir ini.

BACA JUGA: 1 Warga TTU Berstatus ODP Covid-19, Sedang Ditangani RS Leona Kefamenanu

“Warga yang diduga itu memang batuk sejak satu bulan lalu dan selama ini tidak bepergian ke luar daerah sehingga memang tidak terpapar Covid-19,” jelasnya.

Meski demikian, kata Thomas, pasien ini tetap dalam pantauan tim medis gabungan untuk jangka waktu 14 hari kedepan meskipun hasil pemeriksaan kesehatan awal negatif.

Thomas berharap, adanya kerja sama dan pro aktif dari masyarakat yang mau melaporkan kepada tim gabungan terkait warga sekitar yang baru datang dari luar daerah atau daerah yang terpapar Covid-19 sehingga secepatnya dilakukan penanganan medis dengan baik.

“Apabila ada warga baru yang baru kembali dari luar daerah wajib melaporkan ke Kepala Dinas Kesehatan melalui call center untuk segera dilakukan penanganan awal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka ketika dikonfirmasi Timor Express di kantor Bupati setempat, Senin (23/03) membenarkan adanya status orang dalam pemantauan (ODP) terhadap salah satu warga Kecamatan Kota Kefamenanu yang diduga memiliki gejala Covid-19.

Dikatakan, pihaknya mengetahui adanya ODP Covid-19 untuk warga Kabupaten TTU itu melalui call center yang telah dibentuk sebelumnya oleh Dinas Kesehatan bersama Lintas Sektor. Pasien yang diduga Covid-19 itu dirawat di RS Leona Kefamenanu. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top