Tensi Rupiah Mereda, BI Sebut Kepanikan Pasar Mulai Turun | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tensi Rupiah Mereda, BI Sebut Kepanikan Pasar Mulai Turun


Gubernur BI, Perry Warjiyo. (JawaPos.com)

BISNIS

Tensi Rupiah Mereda, BI Sebut Kepanikan Pasar Mulai Turun


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hari ini mulai menjinak. Mengutip kurs tengah JISDOR Bank Indonesia (BI) terpantau saat ini rupiah di posisi 16.486, menguat dibanding perdagangan kemarin Senin (23/3) yang menembus level 16.500.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan, menurunnya tensi tersebut disebabkan kepanikan pelaku pasar telah mereda. Pihaknya berkomitmen akan terus memantau dan mencermati perkembangan perekonomian demi menstabilkan nilai tukar mata uang Garuda.

“Kepanikan di dunia sudah mulai turun meskipun masih tinggi. Kami akan pantau terus,” ujarnya dalam video conference, Selasa (24/3).

Perry memandang, saat ini permintaan dan penawaran di pasar uang sudah mulai stabil. Pihaknya pun mengapresiasi para eksportir yang telah membantu memasok dolar AS ke pasar valas.

“Kami juga melihat bid dan over atau permintaan serta penawaran berjalan baik di pasar valas,” tuturnya.

Perry menyatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk memantau dan melakukan intervensi jika diperlukan. Misalnya, saat ini BI sudah membeli kembali SBN yang dilepas oleh asing di pasar sekunder hingga Rp 168,2 triliun.

“Tidak hanya memasok valasnya tapi kami juga membeli SBN dari pasar sekunder,” ucapnya.

Di sisi lain, Perry juga menambahkan bahwa cadangan devisa Indonesia masih lebih dari cukup untuk melakukan stabilisasi nilai tukar Rupiah. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top