Jubir Covid-19: Hadapi Virus Korona, Contohlah Vietnam | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jubir Covid-19: Hadapi Virus Korona, Contohlah Vietnam


Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto (FOTO: Muhammad Ali/JawaPos.com)

NASIONAL

Jubir Covid-19: Hadapi Virus Korona, Contohlah Vietnam


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto menegaskan masyarakat harus berkomitmen dan mematuhi aturan physical distancing yang sudah diserukan WHO. Dia menyebut, Vietnam berhasil menjadi negara yang sukses ‘mengalahkan’ Korona karena seluruh warganya mematuhi aturan itu.

Untuk diketahui, meskipun saat ini kasus di Vietnam sudah berjumlah ratusan, tapi mereka sempat mengenyahkan Korona dengan menyembuhkan total 16 pasien positif yang terjangkit di gelombang pertama. Hingga Minggu (22/3) kemarin, Vietnam dilaporkan sedang menangani 113 kasus, dan hingga detik ini belum ada korban jiwa akibat Covid-19 di sana.

“Kita bisa mencontoh Vietnam. Vietnam kedepankan pshysical distancing dan self isolastion sehingga bisa menghentikan penularan ini. Tak harus ditunggu sampai sakit, tapi mampu dicegah jangan sampai sakit,” kata Yuri dalam konferensi pers, Rabu (25/3).

Maka menurut Yuri, keberhasilan menghadapi penyakit ini dibutuhkan peran serta masyarakat. Tanpa kerelaan masyarakat, percuma saja pemerintah memberikan sejumlah langkah pencegahan.

Yang paling membuat miris, kata Yuri, adalah di mana sejumlah pasien lansia yang tertular justru tak punya riwayat pergi ke manapun dan tak pernah ke luar negeri. Mereka tertular oleh anggota keluarganya yang muda dan keluyuran pergi ke luar rumah lalu membawa penyakit ke dalam rumah.

“Yakinlah kita tak akan sebarkan penyakit ini ke orang lain. Jangan sampai tak sengaja disentuh orang lain terinfeksi gara-gara kita. Buat lansia yang punya diabetes, hipertensi, gagal ginjal dan paru menahun, orang-orang ini sangat rentan. Kelompok orang tua yang sakit berat karena ada faktor komorbit bisa meninggal. Padahal kita cek riwayatnya nggak pernah ke mana-mana tapi dia punya anak yang masih muda yang ke mana-mana. Maka yang muda harus batasi diri,” tegasnya. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top