TTU Bertekad Bebas Covid-19, TGC Semprot Disinfektan di Area Publik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TTU Bertekad Bebas Covid-19, TGC Semprot Disinfektan di Area Publik


SEMPROT DISINFEKTAN. Tim Gerak Cepat (TGC) pencegahan Covid-19 di Kabupaten TTU melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil Damkar di Terminal Bus Kefamenanu, Selasa (24/3) malam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

TTU Bertekad Bebas Covid-19, TGC Semprot Disinfektan di Area Publik


Gunakan Mobil Pemadam Kebakaran

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melalui Tim Gerak Cepat (TGC) terus melakukan berbagai upaya guna mencegah penyeberan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah yang berbatasan darat langsung dengan Negara Timor Leste tersebut.

Selain melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di 24 Kecamatan yang ada di wilayah itu, TGC melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area umum yang ada di Kota Kefamenanu menggunakan mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Sebagaimana pantauan Timor Express, Selasa (24/3) sekitar pukul 18.00 Wita, TGC Covid-19 bersama petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten TTU mulai menyemprotkan disinfektan diarea publik mulai dari Pasar Lama Kefamenanu menuju arah kilometer 9 jurusan Kupang. Penyemprotan di sepanjang area umum itu dilakukan menggunakan 1 unit pemadam kebakaran dan 12 handsprayer.

Humas TGC Covid-19 Kabupaten TTU, Richard Erwin Taolin, kepada Timor Express, Selasa (24/3) malam, menjelaskan, Pemkab TTU terus bergerak untuk melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus korona yang kian merajalela di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia.

Adapun upaya pencegahan yang dilakukan oleh TGC Pemkab TTU diantaranya, mengimbau masyarakat di 24 kecamatan yang ada di daerah ini agar melakukan social distancing guna memutus mata rantai penyebaran virus korona.

Selain itu juga, kata Richard, TGC juga melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil Damkar di beberapa pusat keramaian yang ada di Kota Kefamenanu. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Pemerintah Daerah melaui TGCP Covid-19 akan berupaya secara maksimal agar TTU bebas Covid-19. Kita sudah himbau masyarakat di 24 Kecamatan dan sekarang ini diikuti dengan penyemprotan disinfektan,” tutur Richard.

Richard menambahkan, penyemprotan dilakukan dengan menggunakan satu unit pemadam kebakaran dan 12 buah handspayer. Titik penyemprotan difokuskan pada pintu-pintu toko, tempat umum, dan tempat berkumpulnya masyarakat yang bisa menimbulkan penularan virus korona.

Sementara untuk masyarakat yang berada di luar Kota Kefamenanu, Pemkab juga mengimbau masyarakat yang berada di kecamatan-kecamatan agar tetap tinggal di rumah dan menghindari perkumpulan massa di tempat umum yang memungkinkan adanya kontak fisik dan berdampak pada penyebaran Covid-19.

“Penyemprotan disinfektan ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus korona. Kita terkendala persediaan disinfektan. Kita sementara koordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk membantu kita dalam menangani wabah mematikan ini,” jelasnya.

Terkait upaya pencegahan di daerah perbatasan, lanjut Richard, TGC Covid-19 Kabupaten TTU akan melakukan upaya penyebaran Covid-19 secara maksimal. Pihaknya juga sementara membangun kominikasi lintas sektor guna memaksimalkan kegiatan penyemprotan disinfektan.

Richard Taolin menambahkan, sejauh ini, wilayah TTU masih dalam kategori bebas Covid-19. Hingga kini belum ada satupun masyarakat TTU yang tergolong dalam ODP atau PDP.

“Untuk sementara TTU bersih. Tidak ada ODP dan PDP. Kalau informasi terkait berapa penderita Covid-19, hanya akan disampaikan Bupati TTU melalui konferensi pers,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top