Cegah Covid-19, Hakli NTT Bantu Pemerintah Semprot Disinfekstan di Area Perkantoran | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Covid-19, Hakli NTT Bantu Pemerintah Semprot Disinfekstan di Area Perkantoran  


PETUGAS SIAGA. Petugas yang terdiri dari tim gabungan Dinas Kesehatan NTT, Poltekes Kemenkes Kupang dan Hakli NTT, yang disiagakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan diarea perkantoran dan area publik, kemarin (25/3). Tampak Plt. Karo Umum Setda NTT, George Hadjoh (kemeja putih). (FOTO: Johni Siki/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Cegah Covid-19, Hakli NTT Bantu Pemerintah Semprot Disinfekstan di Area Perkantoran  


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Tim gabungan dari Dinas Kesehatan NTT, Poltekes Kemenkes Kupang dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli) NTT, disiapkan untuk menghadang penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan penyemprotan disinfektan di area perkantoran maupun area publik.

Kegiatan penyemprotan disinfekstan itu telah dilakukan sejak Selasa (24/3), dan akan berlangsung hingga 31 Maret atau selama masa social distancing Covid-19 diberlakukan.

Seperti terpantau Timor Express di hari kedua kegiatan penyemprotan disinfektan, kemarin (25/3), petugas melakukan penyemprotan diseluruh ruangan di Kantor Gubernur NTT, aula Fernandes, aula El Tari, Bappelitbangda dan rumah jabatan Gubernur maupun Wakil Gubernur NTT.

Ketua Pengurus Hakli Provinsi NTT, John Takesan, kemarin (25/3), mengatakan penyemprotan disinfekstan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tentunya ini sebagai pencegahan awal. Sasaran penyemprotan di area sarana perkantoran, semua RSU di Kota Kupang dan tempat ibadah.

Menurut John, kegiatan itu tidak hanya berupa penyemprotan disinfektan, tetapi diikuti juga dengan edukasi keliling bagi masyarakat melalui koordinasi bersama pemerintah dan organisasi kesehatan serta instansi lainnya. Tujuannya agar masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19, sehingga bisa dimengerti dan dipahami, sebab virus bukan untuk ditakuti tetapi untuk di waspada.

“Hari pertama kemarin penyemprotan di RSU Undana Kupang, sebagai persiapan perawatan pasien jika terjadi peningkatan pasien Covid-19. Hari ini kita fokus di kantor Gubernur, aula El Tari dan rumah jabatan,” tandasnya.

Ia mengatakan, untuk memudahkan sasaran penyemprotan, tim dibagi dalam 10 regu. Waktu yang diberikan selama liburan tentu dimanfaatkan maksimal sehingga lokasi sasaran perkantoran bisa dijangkau.

Rencananya jika memungkinkan tentu dilakukan penyemprotan juga untuk tempat umum lainnya seperti pasar, terminal, tetapi sangat tergantung instruksi Gubernur NTT.

“Kita siap untuk penyemprotan disinfektasi. Kita tunggu saja arahan Bapak Gubernur,” tandasnya.

Ketua Hakli NTT yang juga ketua Tim penyemprotan disinfeksi mengatakan langkah awal pencegahan sangat penting harus dilakukan untuk semua area publik yang berpotensi terjadi wabah virus. Sehingga kondisi timnya selalu stand by untuk melakukan penyemprotan dilokasi sasaran yang berpotensi terjadinya wabah Covid-19, termasuk penginapan hotel, restoran dan tempat umum lainnya.

“Ya memang kendala ada di APD dan disinfeksi. Karena APD dan disinfektan, stoknya terbatas persediaan di toko juga habis. Kita sudah usulkan anggarannya tapi belum ada sehingga kita pakai yang ada sekarang,” ujarnya.

Ia menambahkan kehadiran Hakli yang ada di semua cabang kabupaten/kota tentu sangat siap melakukan pencegahan melalui penyemprotan disinfekstan. Sebagai pengurus Hakli provinsi terus berkoordinasi dengan pengurus cabang. Seperti yang terjadi saat ini sudah kerahkan Hakli di tiga lokasi yang berpotensi seperti Kota kupang, Sikka dan Labuan Bajo sedangkan kabupaten lain menyusul mengingat terbatasnya dukungan APD dan ketersediaan cairan disinfeksi. (mg33)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top