Sikka Darurat Korona, Bupati Minta TNI-Polri Siapkan 12 Ruangan Isolasi di RS TC Hillers | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sikka Darurat Korona, Bupati Minta TNI-Polri Siapkan 12 Ruangan Isolasi di RS TC Hillers


SIAP RUANG ISOLASI COVID-19. Aparat TNI/Polri bergotong royong bersama unsur terkait melakukan rehabilitasi sejumlah ruangan di RS TC Hillers Maumere untuk dijadikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19, Selasa (24/3). (FOTO: Karel Pandu/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Sikka Darurat Korona, Bupati Minta TNI-Polri Siapkan 12 Ruangan Isolasi di RS TC Hillers


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menyatakan Sikka dalam keadaan darurat korona. Kondisi itu membuat orang nomor satu ini mengerahkan seluruh kekuatan. Selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area publik di Kota Maumere, Bupati juga meminta bantuan anggota TNI/Polri untuk merehab 12 ruangan di RSU TC Hillers Maumere dan membangun dua kamar mandi/WC sebagai ruangan isolasi bagi pasien yang terindentifikasi positif Covid-19.

“Sesuai instruksi Bapak Presiden untuk menyiapkan segala fasilitas bagi pasien yang terinfeksi virus korona, apalagi kondisi Sikka saat ini sudah puluhan ODP (Orang dalam Pemantauan, Red) yang berasal dari luar daerah,” ungkap Bupati yang akrab disapa Robi Idong di Maumere, Selasa (24/3).

Selain 12 kamar dan 2 kamar mandi yang direhab, Robi juga mengaku akan menambah 30 kamar lagi jika pasien terus meningkat. Bahkan jika pasien terus bertambah maka Rumah Sakit dr. TC. Hillers Maumere harus ditutup dan dijadikan sebagai rumah sakit korona. Sementara untuk pasien lain akan dialihkan ke dua rumah sakit swasta lainnya.

“Karena darurat kita rehab 12 kamar. Namun jika pasien terus meningkat maka rumah sakit TC Hillers akan dialih fungsikan menjadi rumah sakit korona dan fungsi RS. TC Hillers dialihkan ke dua RS swasta,” jelas Robi.

Bupati Robi Idong saat memimpin apel kekuatan pencegahan Covid-19 bersama seluruh aparat TNI/Polri di halaman Kantor Dinas Kesehatan Maumere, Selasa (24/3). (FOTO: Karel Pandu/TIMEX)

Apel Kekuatan

Sebelumnya Bupati Robi bersama seluruh aparat TNI/Polri melaksanakan apel kekuatan pencegahan Covid-19 di areal kantor Dinas Kesehatan Maumere.

Dalam apel itu Robi dengan tegas mengatakan seluruh pimpinan OPD harus siaga dan siap 1 x 24 jam apabila dibutuhkan. Karena itu selain gerakan penyemprotan cairan disinfektan ke berbagai lokasi vital seperti rumah sakit dan tempat-tempat ibadah, pemerintah juga menyiapkan ruang isolasi sebagai langkah antisipasi jika ada pasien positif korona.

“Saat ini kabupaten Sikka sudah dalam keadaan darurat sehingga harus siap setiap saat. Pimpinan OPD harus cepat tanggap dan selalu siap 1 x 24 jam,” tegas Robi.

Terpisah Komandan Lanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto mengaku dalam upaya pencegahan Covid-19, Lanal melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah tempat ibadah. Tempat-tempat ibadah itu diantaranya, Gereja Katedral Maumere, Gereja GMIT Calvari Maumere, Pura Agung dan Kantor Bupati Sikka.

“Dalam upaya pencegahan Covid-19, Lanal Maumere melaksanakan gerakan serantak penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah tempat ibadah. Besok kami akan lanjutkan ke sejumlah masjid,” tandas Totok. (Kr5)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top