Bupati TTU Rumahkan ASN Eselon IV dan Staf Demi Cegah Penyebaran Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati TTU Rumahkan ASN Eselon IV dan Staf Demi Cegah Penyebaran Covid-19


Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati TTU Rumahkan ASN Eselon IV dan Staf Demi Cegah Penyebaran Covid-19


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus korona atau Covid-19 dengan membatasi setiap aktifitas masyarakat yang membutuhkan banyak orang termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah tersebut.

Upaya ini dilakukan Bupati TTU, Raymudus Sau Fernandes dengan mengeluarkan Surat Keputusan Bupati untuk merumahkan ASN Eselon IV dan staf, sedangkan ASN Eselon II dan III tetap bekerja di kantor sebagai mana biasanya.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada Timor Express, di Kefamenanu, Kamis (26/3) mengatakan, langkah merumahkan ASN eselon IV dan staf tersebut merupakan upaya Pemkab TTU dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus korona di wilayah yang berbatasan darat langsung dengan distric Oecusse-RDTL itu.

Selain itu, katanya, seluruh destinasi wisata dan kegiatan yang melibatkan orang banyak juga untuk sementara ditiadakan baik itu kegiatan pemerintah, LSM maupun kegiatan lainnya dari masyarakat. Pemberlakuan kebijakan Pemkab TTU ini dimulai sejak Kamis (26/3) sampai dengan Jumat (29/3).

“Langkah ini untuk menyesuaikan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pusat untuk meliburkan ASN dan menutup objek wisata sehingga kami imbau masyarakat sadar dan mematuhi imbauan pemerintah dalam rangka pencegahan,” tutur Raymundus.

Raymundus menambahkan, dengan upaya merumahkan ASN Eselon IV dan staf serta menutup destinasi wisata akan menghindari kontak dengan banyak orang. Hal ini akan memudahkan pemerintah melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Bupati TTU dua periode itu mengatakan, ASN yang dirumahkan itu bukan berarti libur dan tidak bekerja, namun tetap bekerja secara online melalui android yang dimilikinya. ASN yang dirumahkan pun wajib siaga selama 24 jam untuk membantu pemerintah dalam mengatasi wabah mematikan ini.

“ASN yang tidak dirumahkan itu hanya Dinas Kesehatan dan lintas sektor yang memiliki wewenang untuk melakukan pencegahan terhadap beredarnya Covid-19. ASN yang dirumahkan itu pun tetap bekerja secara online,” jelasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka ketika dikonfirmasi Timor Express, Kamis (26/3) menuturkan, seluruh tenaga medis di TTU tetap bekerja sesuai jadwal yang telah ditetapkan dari masing-masing fasilitas Kesehatan milik pemerintah daerah.

Dikatakan, pihaknya juga telah membagi jadwal untuk tenaga medis yang disiagakan untuk menangani pasien Covid-19. Selain itu, ada juga beberapa tenaga medis yang disiagakan bersama tim gerak cepat (TGC) Covid-19 untuk melakukan pencegahan di seluruh wilayah TTU.

“Kita sudah bagi jadwal untuk tenaga medis agar tetap siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ada juga tenaga medis khusus yang disiapkan untuk menangani pasien Covid-19,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top