Minta Warga Tetap di Rumah, Kapolres Matim: Kami Tidak Bosan Jalan Keliling | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Minta Warga Tetap di Rumah, Kapolres Matim: Kami Tidak Bosan Jalan Keliling


IMBAUAN KELILING. Tim gabungan dari unsur Polri, TNI, Sat Pol PP, dan Dinas Kominfo aktif turun ke jalan menyampaikan imbauan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan penyebaran virus korona di wilayah Kabupaten Matim, Kamis (26/3). (FOTO: Fansi Runggat/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Minta Warga Tetap di Rumah, Kapolres Matim: Kami Tidak Bosan Jalan Keliling


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Pihak Polres Manggarai Timur (Matim) bersama TNI dan Pemda setempat terus berkeliling dan meminta warga untuk sama-sama mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) di wilayah itu. Salah satunya dengan meminta warga untuk tetap berada di rumah dan menghindari kerumunan.

Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Siswanto, kepada TIMEXKUPANG.com melalui sambungan telepon, Kamis (26/3) siang mengingatkan masyarakat agar tidak boleh menganggap virus ini hanya penyakit biasa.

“Supaya wabah ini tidak menyebar, masyarakat harus mengindahkan imbauan pemerintah dengan berdiam diri di rumah,” ungkapnya.

Nugroho meminta warga untuk tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan, yang menyebabkan berkumpulnya massa atau banyak orang. Baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri. Masyarakat tidak boleh panik yang berlebihan, tetap tanang. Saring semua informasi, biar tidak percaya dengan berita hoaks.

“Kami dari Polres Matim bersama TNI dan Pemda Matim, terus berkeliling dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mencegah penyebaran virus korona ini. Tentu kami tidak akan bosan untuk jalan-jalan keliling dengan menghimbau seluruh masyarakat, tetap di rumah dan ikuti arahan pemerintah. Tetap waspada, tapi jangan panik,” tegas Nugroho.

Menurut Nugroho, pihaknya bersama tim gabungan melakukan pengumuman keliling, tidak saja di wilayah ibu kota kabupaten dan sekitarnya atau di wilayah kecamatan, tapi juga sampai ke desa-desa di Matim. “Semua anggota polisi di setiap Polsek dan Pospol, dikerakan untuk turun ke desa bersama petugas pemerintah di tingkat desa memberi pengumuman kepada masyarakat agar tetap di rumah,” jelasnya.

Kapolres Nugroho mengatakan, apa yang mereka lakukan ini sebagai tindaklanjut dari maklumat Kapolri. Maklumay ini harus dipatuhi seluruh elemen di wilayah Indonesia, khususnya di Matim dalam rangka menangani virus korona. Sehingga dalam giat bersama itu, pihaknya menyampaikan isi maklumat Kapolri kepada masyarakat.

“Kami dari Polisi juga sudah tempelkan isi maklumat Kapolri di setiap titik wilayah kabupaten Matim. Semua kebijakan pemerintah itu tentu untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Polri senantiasa mengacu asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi,” ujar Kapolres Nugroho.

Kapolres menambahkan, jika ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan isi maklumat, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terpantau media ini, Kamis (26/3), sejumlah anggota Polres Matim dibawah pimpinan Kabag OPS, AKP Yohanes B. Simon, di sejumlah titik Kota Borong hingga sejumlah titik wilayah kecamatan Rana Mese, menyampaikan imbauan pemerintah dan maklumat Kapolri tentang pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona.

Polisi tidak sendiri, tapi gabungan bersama pihak TNI dari Koramil Borong, Pol PP Matim, dan Dinas Kominfo Matim. Dengan menggunakan pengeras suara dari mobil Dinas Kominfo, secara bergantian tim gabungan itu mengimbau kepada masyarakat, agar mengurangi aktifitas di luar rumah. Masyarakat diajak untuk tetap dalam rumah.

Masyarakat juga diajak untuk bijak dalam menerima maupun menyampaikan informasi terkait virus korona. Jika ada informasi yang simpang siur terkait virus korona, masyarakat harus bijak dan tidak panik. Jangan terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas.

Karena bisa menimbulkan keresahan. Jika ada informasi yang tidak jelas sumbernya, masyarakat dapat menghubungi pihak yang berwenang atau call center penanganan covid-19 Kabupaten Matim pada nomor HP: 082341783666. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top