Instalasi Ternak Menunjang Proses Pembelajaran di SMK-PP Negeri Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Instalasi Ternak Menunjang Proses Pembelajaran di SMK-PP Negeri Kupang


PENDUKUNG KBM. Instalasi ternak kambing milik SMK-PP Negeri Kupang. Sarana ini menjadi pendukung KBM para siswa sekolah itu, khususnya mereka yang mengambil kompetensi keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia. Instalasi kandang kambing ini terdapat 31 ekor kambing. Gambar diabadikan Minggu (29/3). (FOTO: Humas SMK-PP Negeri Kupang)

PENDIDIKAN

Instalasi Ternak Menunjang Proses Pembelajaran di SMK-PP Negeri Kupang


OELAMASI-Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang merupakan penyelenggara pendidikan di bawah naungan Pusat Pendidikan Pertanian, Kementerian Pertanian.

SMK-PP Negeri Kupang yang berdiri sejak 1982, saat ini telah memiliki tiga kompetensi keahlian. Diantaranya Agribisnis Ternak Ruminansia, Perawatan Kesehatan Ternak, serta Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP mengatakan, setiap tahunnya sekolah ini lebih kurang menerima 100 siswa yang terbagi dalam tiga kompetensi keahlian tersebut.

Menurut Stepanus Bulu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian melengkapi SMK-PP Negeri Kupang dengan sejumlah instalasi pendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa sesuai bidang kompetensi keahlian yang ada.

Sekolah ini, kata Stepanus, memang mengunggulkan program studi di bidang peternakan yang pada awal berdirinya, lembaga pendidikan ini dikenal dengan nama Sekolah Peternakan Menengah Atas atau lebih dikenal dengan sebutan SNAKMA.

Seiring berjalannya waktu, lembaga pendidikan menengah ini terus dikembangkan dengan menghadirkan sejumlah instalasi pendukung belajar.
Misalnya pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia, kata Stepanus, sekolah ini dilengkapi dengan laboratorium pengolahan, rumah potong hewan/RPH, dan berbagai instalasi kandang ternak. “Salah satu intalasi yang ada yaitu instalasi ternak kambing,” ungkap Stepanus dalam keterangan tertulis Humas SMK-PP Negeri Kupang, kemarin (31/3).

Ketika mengunjungi instalasi ternak kambing, pada Minggu (29/3) lalu, diinstalasi ternak kambing itu terdapat 31 ekor ternak kambing, terdiri dari 11 ekor kambing PE dan 21 ekor kambing kacang.

Melianus Tamonob selaku petugas instalasi ternak kambing membeberkan bahwa pakan ternak kambing ini berupa pakan hijauan dan konsentrat. Pemberian konsentrat rutin dilakukan pada pagi hari pukul 08.00 Wita dilanjutkan dengan pakan hijauan.

“Semoga instalasi ternak kambing ini dapat bermanfaat untuk pembelajaran di sekolah,” sahut Meli –sapaan akrab Melianus– kepada Humas SMK-PP Negeri Kupang.

Kepala Sekolah, Stepanus Bulu menambahkan, meskipun saat ini sebagian besar pegawainya menjalani imbauan social distancing dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) guna mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), namun beberapa pegawai tetap harus masuk karena kepentingan tugas dan fungsi mereka.

“Salah satunya adalah petugas instalasi ternak. Semoga mereka tetap semangat di tengah ancaman menyebarnya virus korona ini,” tutur Stepanus. (*/ikl/aln)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top