Makin Banyak Kasus Covid-19 dari OTG, Semua Orang Wajib Pakai Masker | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Makin Banyak Kasus Covid-19 dari OTG, Semua Orang Wajib Pakai Masker


BAGI MASKER. Kader Partai Demokrat membagi-bagikan masker gratis bagi warga Kota Kupang belum lama ini. (FOTO: Istimewa)

NASIONAL

Makin Banyak Kasus Covid-19 dari OTG, Semua Orang Wajib Pakai Masker


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Sebelum pandemi virus korona masuk ke Indonesia, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto berulang kali menegaskan, yang wajib memakai masker adalah orang yang sakit. Sementara orang yang sehat, tidak perlu memakai masker. Tapi kini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) justru meminta semua orang wajib memakai masker lantaran banyak kasus Orang Tak Bergejala (OTG) Covid-19.

Kepastian itu juga ditegaskan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto. Padahal sebelumnya, Yurianto juga selalu menegaskan bahwa yang wajib pakai masker adalah orang yang sakit. Namun seiring perkembangan penyebaran virus justru ditularkan oleh orang yang tak bergejala, maka Yurianto juga menegaskan aturan WHO untuk dijalankan.

“Masker untuk semua, mulai hari ini rekomendasi dari WHO semua wajib pakai masker. Masker bedah N95 hanya untuk tenaga kesehatan,” tegasnya dalam konferensi pers, Minggu (5/4).

Yurianto menegaskan, masyarakat harus mulai menggunakan masker kain. Sebab penularan saat ini semakin tidak bisa terdeteksi.

“Kita enggak pernah tahu di luar orang tanpa gejala banyak sekali. Kita tak tahu mereka sumber penyebaran penyakit. Semua harus gunakan masker pada saat keluar rumah. Masker bedah N95 hanya untuk tenaga kesehatan,” katanya.

Meski boleh menggunakan masker kain dan bisa dicuci, disarankan kepada masyarakat agar tak menggunakan masker lebih dari 4 jam. Setelah 4 jam, harus diganti. Lalu harus sering dicuci dengan sabun.

“Ini upaya untuk cegah penularan. Kita tak pernah tahu banyak kasus potensi tularkan ke kita. Disamping cuci tangan dengan sabun 20 detik dan tetap jaga jarak,” tegasnya. (JawaPos.com)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top