Bupati Matim dan Istri Disinfeksi Kendaraan Umum di Terminal Borong | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati Matim dan Istri Disinfeksi Kendaraan Umum di Terminal Borong


DISINFEKSI. Bupati Matim, Agas Andreas dan istri, Theresia Wisang menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah kendaraan umum di Terminal Borong, Senin (6/4). Ini upaya Pemkab Matim mencegah penyebaran virus korona. (FOTO: Fansi Runggat/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati Matim dan Istri Disinfeksi Kendaraan Umum di Terminal Borong


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Bupati Manggarai Timur (Matim), Agas Andreas bersama istri, Theresia Wisang, melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah kendaraan roda empat di wilayah Kota Borong, Senin (6/4). Langkah ini merupakan bagian dari upaya mensterilkan wilayah Matim dari penyebaran virus korona (Covid-19).

Aksi Bupati Agas bersama istri yang Ketua PMI Matim itu mendapat respon postif dari pengemudi kendaraan, penumpang, dan juga masyarakat. Semua kendaraan yang masuk dalam wilayah Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Matim, diarahkan ke terminal lalu di disinfeksi oleh Bupati dan Istri.

Selain penyemprotan disinfektan di sejumlah kendaraan, PMI bersama Pemda Matim melakukan kegiatan promosi kesehatan (Promkes) kepada masyarakat dengan cara berjemur di matahari selama 15 menit. Promkes dilakukan sebagai salah satu upaya penanganan dan pencegahan virus korona.

Kegiatan itu selain dihadiri Bupati Agas dan Ny. Theresia, juga hadir Kepala Dinas Perhubungan Gaspar Nanggar bersama pegawai perhubungan, personil PMI Matim, personil TNI dan Polisi, Kasubag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Matim Narsi Baharu, personil dari BPBD, Aparat Sat Pol PP, ASN Dinas Kesehatan, dan staf dari Dinas Kominfo.

“Hari ini kita lakukan kegiatan penyemprotan disinfektan bagi kendaraan umum dan bangunan terminal Borong. Selain penyemprotan disinfektan, kami dari PMI bersama Pemda, pihak Kepolisian dan TNI, melakukan kegiatan Promkes,” kata Ketua PMI Matim, Theresia melalui anggota PMI, Alfred Tuname, kepada media ini di Borong, Senin (6/4).

Alfred menjelaskan, Promkes dengan berjemur di sinar matahari selama 15 menit di halaman Terminal Borong merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus korona. Disamping itu terus memberi informasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti cuci tangan dengan sabun dan tetap di rumah.

Kasubag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Matim, Narsi Baharu, kepada TIMEXKUPANG.com mengatakan, ada sekitar 60an unit kendaraan yang di disinfeksi oleh Bupati dan Istri. Kegiatan yang ada merupakan tindaklanjut bersama dalam peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan virus korona.

Pemkab Matim melalui Dinas Perhubungan, kata Narsi, terus memberikan sosialiasasi dan edukasi baik kepada para pengusaha angkutan, pengemudi dan kepada seluruh penumpang agar meningkatkan kewaspadaannya dalam  pencegahan virus mematikan itu.

“Tentu dengan mengimbau seluruh penumpang agar melakukan cuci tangan secara rutin sebelum naik angkutan umum dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menutup mulut ketika bersin ataupun batuk menggunakan masker apabila sakit dan hindari kontak fisik dengan orang yang sakit,” ujar Narsi. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top